Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Untuk memulai perjuangan pemijahan ikan, tentu harus paham dengan jenis kelamin ikan itu sendiri. Seperti halnya untuk budidaya ikan mas koki. Membedakan ikan mas koki jantan dan betina haruslah di luar kepala. Karena membedakan jenis kelamin jantan maupun betina pada ikan mas koki merupakan tahap awal dalam proses pemijahan.

Jika anda belum begitu jago dalam membedakan ikan mas koki jantan dan betina. Berikut ciri-ciri ikan mas koki jantan dan betina yang mampu anda gunakan sebagai anutan :

1. Anus Yang Berbeda

Untuk ikan mas koki jantan, penampakan anus agak rata. Sedangkan untuk ikan mas koki betina penampakan anus menonjol keluar.

2. Postur Tubuh

Postur badan ikan mas koki jantan dan betina juga berbeda. Jika jantan memiliki postur badan ramping sedangkan betina memiliki postur badan yang agak bundar dan gemuk.

3. Warna Sirip

pada ikan mas koki jantan terdapat bintik-bintik putih. Sedangkan pada ikan mas koki betina tidak terdapat bintik putih.

Tanda yang lazim dan mudah di aplikasikan yaitu dengan melihat sirip dan juga postur badan ikan itu sendiri.

Berikut gambar untuk membedakan jantan dan betina

Gambar 1


Gambar 2
Jika masih bingung, mintalah pertolongan pada penjual ikan hias. Disana akan di beri penjelasan perihal cara membedakan ikan mas Koki jantan dan betina.

0 Response to "Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel