Cara Memelihara Sapi Agar Cepat Gemuk



Ternak penggemukan sapi dapat menawarkan keuntungan yang luar biasa. Terlebih jikalau mendekati hari raya, maka akan lebih menguntungkan. Namun para pemula banyak yang belum mengerti bagaimana cara penggemukan sapi dengan benar dan cepat. Walaupun caranya cukup mudah.

Yang paling penting ialah sarana sangkar dan juga pakan yang intensif. Jika keduanya terpenuhi dengan baik, maka proses penggemukan akan berjalan semakin cepat.

Sebelum masuk ke dalam cara penggemukan. Sebaiknya anda simak terlebih dahulu syarat sapi yang baik untuk proses penggemukan.


● Berumur di atas 2,5 tahun. Diumur ini sapi sudah tidak tergantung pada indukan. Dan sangat baik untuk starter penggemukan.

● Jenis kelamin jantan. Kebanyakan hewan pertumbuhannya akan lebih cepat jikalau berjenis kelamin jantan. Tidak hanya sapi, tapi hampir semua hewan.

● Bentuk badan panjang, bundar dan lebar, panjang minimal 170 cm tinggi bahu minimal 135 cm, lingkar dada 133 cm.
Tubuh kurus, tulang menonjol, tetapi tetap sehat (kurus alasannya ialah kurang pakan, bukan alasannya ialah sakit).

● Pandangan mata bersinar cerah dan bulu halus. Serta kotoran yang dihasilkan normal.



Cara Memelihara Sapi Agar Cepat Gemuk


1. Segi Kandang


Kandang dalam proses penggemukan harus diperhatikan. Baik kebersihannya maupun luas dan fasilitasnya.


Syarat sangkar yang baik :

Lingkar 2,5 x 1,5 meter. Usahakan ruang geraknya terbatas biar tidak banyak energi yang tebuang.

● Lantai dari semen atau sejenisnya biar kotoran mudah dibersihkan.

● Atap yang standar, dapat melindungi dari panas dan hujan. Serta dari cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini sering terjadi.

Dalam kontruksinya, sangkar sapi penggemukan yang efektif ialah tipe individual. Karena proses kompetisi pakan dapat dihindari.

2. Pakan


Pakan menjadi bab yang paling penting dalam penggemukan sapi secara cepat. Karena dengan pakan yang baik dan intensif, proses penggemukan dapat berjalan lebih cepat.

Pakan terbaik untuk penggemukan sapi ialah campuran dari konsentrat dan hijuan.

Pakan konsentrat dapat berupa ampas bir, ampas tahu, ampas tebu, bekatul, kulit biji kedelai, kulit nanas dan buatan pabrik pakan.

Pakan hijauan dapat berupa jerami padi, daun tebu, daun jagung, alang-alang dan rumput-rumputan liar sebagai pakan berkualitas rendah.
Rumput gajah, setaria kolonjono sebagai pakan berkualitas tinggi.


Cara pemberiannya :

● Berikan pakan konsentrat terlebih dahulu. Tujuannya biar Mikrobia Rumen dapat aktif di dalam pencernaan sapi.

● Setelah itu lanjut berikan pakan hijauan. Berikan pakan hijuan setelah pakan konsentrat sudah habis, sehingga Mikrobia Rumen dapat aktif mencerna makanan.

● Dosis derma pakan 2,5% dari bobot tubuhnya. Pemberian dilakukan 2 kali, pagi dan sore hari.


Selain 2 hal diatas, kebersihan juga menjadi syarat mutlak biar penggemukan sapi ini dapat berhasil. Karena dengan kebersihan yang terjaga maka sapi terhindar dari serangan penyakit yang dapat menjadikan lamanya proses penggemukan.

Untuk hasil yang lebih maksimal dapat ditambahkan vitamin buatan pabrik. Namun dengan dosis yang sesuai petunjuk pemakaian dalam kemasan.

0 Response to "Cara Memelihara Sapi Agar Cepat Gemuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel