6 Cara Berkonsentrasi Tingkat Tinggi

Anda pasti sudah tahu jika pikiran yang terbagi-bagi tidak mempunyai daya yang besar, atau tidak memiliki getaran yang tinggi. Dalam satu contoh, Anda sedang memikirkan sesuatu yang memeras otak, tetapi malah pikiran Anda melayang kepada mantan pacar Anda, ditambah bunyi musik tetangga sebelah yang amat keras, sangat menggangu perhatian Anda. Tentu saja hal itu menjadi masalah, bukan?

Ibarat Anda meniup api yang menyala dengan terlalu membuka mulut lebar-lebar, maka hembusan nafas Anda tidak akan memiliki tekanan yang kuat. Namun jika mulut Anda dipersempit atau dikerucutkan, maka tekanan hembusan akan menjadi sangat kuat.

6 Cara Berkonsentrasi Tingkat Tinggi

Penjelasan saya di atas adalah contoh gambaran yang jelas tentang cara konsentrasi pada satu titik, cara memfokuskan pikiran, cara melatih otak agar focus, cara melatih pikiran, cara bengkonsentrasikan pikiran, latihan konsentrasi tingkat tinggi, konsentrasi pikiran.

Yang paling pertama Anda harus memikirkan satu hal saja, membuang pikiran yang lainnya. Dan yang kedua Anda harus memperhatikan kepada satu hal yang difokuskan dengan dikuatkan.

Jadi, untuk belajar cara berkonsentrasi tingkat tinggi, Anda harus ….

Memusatkan pikiran kepada satu hal saja (menyatukan pikiran pada satu hal yang ditargetkan)

Memperkuat pemusatan itu, memperkuat penyatuan itu, dan mempertahankan dalam jangka waktu yang lama (sesuai keinginan).

Cara pemusatan pikiran atau perhatian disebut konsentrasi. Dan pengertian dari konsentrasi pikiran adalah berusaha menghilangkan pikiran yang lain-lain, baik berupa ingatan, pendengaran, perabaan, penglihatan, perasaan, dan semua kegiatan pikiran dihentikan.

Memang dalam tahap pertama cukup dibilang sulit untuk menghapus segala kegiatan dalam pikiran itu sendiri. Karena hanya ketika Anda tidur sajalah, hal itu dapat dilakukan. Pekerjaan tersulit adalah ketika kita menekan pikiran sendiri, atau membersihkan dari segala pikiran yang melayang kemana-mana.

Untuk informasi, tanpa kita sadari. Ketika kita tidak dalam berpikir, justru pikiran kita melakukan kegiatan berpikir itu sendiri. Pikiran kita melayang buana kemana-mana, seakan-akan kita sedang mengkhayal. Dan jikapun kita menekan untuk menghentikan berpikir, pikiran kita malah semakin berpikir, haha, susah sekali ya.

Pikiran kita memang tidak bisa diam, karena setiap detiknya selalu saja berpikir sendiri. Maka dari itu kita memerlukan yang namanya latihan konsentrasi tingkat tinggi.

Asal tahu saja, jika Anda menguasai cara berkonsentrasi tingkat tinggi, maka Anda dapat mempelajari ilmu spiritual apapun itu. Karena melatih konsentrasi adalah tingkat dari setiap ilmu batin.

Maka jangan heran, jika banyak orang yang ingin mencari ilmu kebatinan, mereka akan melakukannya di pegunungan atau tempat sepi yang jauh dari keramaian. Bahkan Nabi Muhammad saja, menyendiri di Gua Hiro, dimana jika dibahasakan untuk jaman sekarang, beliau sedang bertapa.

Baiklah, saya akan membagikan …

Cara Berkonsentrasi Tingkat Tinggi


Tahap awal latihan konsentrasi tingkat tinggi, yaitu Anda harus dalam posisi duduk di kursi, dipan, ataupun lantai. Pilih salah satunya sesuai kenyamanan Anda.

Latihan Pertama

Pejamkan mata Anda, setelah mengukur jarak pandangan dan arah penglihatan. Hitunglah dengan tenang sebagai berikut : 1 – 2 – 3 – 4 – 5 dan seterusnya hingga nomor 200.

Anda dapat mengulanginya beberapa kali sampai Anda menguasainya. Buatkan jadwal rutin untuk hal itu.

Setiap Anda menghembuskan nafas, mulailah menghitung. Jadi ketika Anda menghembuskan mulai menghitung angka dari 1 – 200. Tepatilah dengan cara itu, jangan langgar. Memang benar, hal ini berat dilakukan untuk pertama kali. Sebab kita harus kuat menahan nafas panjang. Dan jika gagal, lakukan berulang kali. Jangan menyerah!

Latihan Kedua

Tahap kedua, coba hitung dari angka 1 sampai 50 dengan jarak pernafasan seperti tahap pertama. Tapi setelah Anda menghitung hingga angka 50, Anda harus menghitung mundur, yakni 50 – 49 – 48 – 47 dan seterusnya hingga angka 1. Dan ketika sampai angka 1, maka teruskanlah dengan hitungan maju seperti biasa.

Latih terus tahap kedua ini, secara bolak-balik dalam melatih hitungan setelah menghembuskan nafas. Cara ini membuat Anda tidak akan bisa membagi pikiran pada hal-hal lain, sebab jika Anda tidak konsentrasi, maka Anda akan kehilangan control dalam perhitungan angka maju mundur tersebut.

Latihan Ketiga

Tahap ketiga, Cobalah menghitung angka 1 sampai 21. Tetapi yang Anda hitung, adalah angka ganjilnya saja. Seperti ini :

1 – 3 – 5 – 7 – 9 – 11 dan seterusnya hingga 21.

Nah setelah itu, saat sampai angka 21, mulai Anda menghitung mundur angkanya. Seperti ini :

21 – 19 – 17 – 15 – hingga angka 1 lagi.

Latihan ini cukup menguras konsentrasi Anda, maka dari itu konsentrasilah. Jika Anda tidak konsentrasi, Anda pasti akan melakukan kesalahan berkali-kali.

Jangan membiasakan berhenti latihan di tengah prosesnya. Berusahalah serius untuk mencoba berulang kali, jangan pernah bosan. Dengan latihan berulang-ulang, itu adalah salah satu cara melatih pikiran.

Cara Berkonsentrasi Tingkat Tinggi dengan Visual


Setelah Anda menguasai latihan konsentrasi dengan berhitung, maka sekarang Anda harus melatih dengan cara konsentrasi pada satu titik bayangan atau kenangan atau visual.

Adapaun cara konsentrasi pada satu titik, sebagai berikut :

Latihan Keempat

Lihatlah sebuah benda dengan tepat dan jelas.

Sebagai contoh, sebuah gelas. Lalu pejamkan mata dan bayangkanlah bekas gambar gelas yang Anda lihat tadi terus-menerus dengan bayangan jelas di pikiran Anda.

Jika Anda mengalami gagal konsentrasi atas hilangnya bayangan gelas di pikiran Anda, maka bukalah mata Anda, kembali melihat gelas, lalu pejamkan mata, dan ulangi membayangkan dalam pikiran Anda.
gelas air

Pertahankanlah gambaran gelas itu jangan sampai kabur dari mata Anda. Lalu cobalah Anda sambil menghitung angka dari 1 sampai angka 200.

Jika dirasa latihan konsentrasi tingkat tinggi ini masih terlalu sulit, coba latih saja dulu pertahankan gambaran gelas itu di mata dan pikiran Anda tanpa harus berhitung dulu.

Setelah Anda sudah mampu mempertahankan gambaran objek yang Anda konsentrasikan, barulah digabung dengan latihan hitungan 200.

Latihan Kelima

Coba pertahankan objek gambaran Anda lalu digabung dengan latihan berhitung 1 – 50 dan sebaliknya.

Latihan Keenam

Latih gabungan dari mempertahankan objek di mata pikiran dengan latihan berhitung angka ganjil (seperti poin nomor 3). Yakni 1 – 3- 5 dan seterusnya serta bolak balik.

Mohon jangan melompat-lompat dalam tahapan latihan konsentrasi ini, sebab tidak baik untuk pikiran Anda.

Latihlah dari tahap pertama sampai menguasai, baru latihan selanjutnya. Karena jika tahap 1 saja belum mampu, bagaimana menyelesaikan tahap selanjutnya.

Dalam mempelajari ilmu apapun, dibutuhkannya kesabaran tingkat tinggi. Tidak boleh terburu nafsu untuk segera menjadi ahli. Nikmati saja prosesnya.

Demikian artikel tentang cara berkonsentrasi tingkat tinggi, yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi Buku High Telephatie Karya Suroso Orakas

0 Response to "6 Cara Berkonsentrasi Tingkat Tinggi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel