7 Syarat Menjadi Blogger Pemula

Anda mempunyai bakat atau hobi dalam bidang menulis? Mengarang? Berimajinasi? Yap! Anda berada pada artikel yang tepat yang dapat membantu Anda untuk menyalurkan bakat atau hobi Anda lewat Internet. Disini saya akan mengulas dan memberikan beberapa tips mengenai bakat atau hobi Anda tersebut. Langsung saja kita simak selengkapnya dibawah.


syarat menjadi blogger, apa itu blogger, cara membuat blog


Apa Itu Blogger?

Jika Anda sedang membaca artikel ini, tentunya Anda adalah seseorang yang baru dalam dunia per-bloggingan atau baru memulai membuat atau menggunakan blog. Untuk itu pada poin ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Pengertian Blogger.

Seorang Blogger adalah sebuah sebutan atau panggilan untuk orang yang menggunakan blog di Internet. Dan ia juga suka menulis dalam blog ya ia miliki.
Jika Anda sudah mempunyai blog, Anda sudah bisa dikatakan seorang blogger. Tentunya menjadi seorang blogger tidaklah semudah membuat blog, kita harus siap melewati berbagai rintangan yang akan kita hadapi nantinya seperti dalam pembuatan artikel tiba-tiba ide kita hilang dan pasang surut traffik blog kita.


Apa Saja Syarat Untuk Menjadi Seorang Blogger?

Untuk Anda yang baru terjun atau baru ingin terjun dalam dunia per-bloggingan, ada baiknya Anda membaca artikel saya ini sampai selesai.
Seperti halnya saya, menurut saya menjadi seorang itu sangatlah menyenangkan. Karena kita dapat belajar dengan sesama blogger, mendapatkan teman yang banyak, menghasilkan uang (jika sudah ahli) dan bahkan kita bisa menjadi artis (seperti: Raditya Dika).

Bagi sebagian orang, terjun dalam dunia blogging adalah sebuah hobi untuk disalurkana. Namun sebagian orang lainnya, blogging adalah sebuah pekerjaan yang dapat menghasilkan uang.
Untuk menyandang gelar blogger saya rasa tidak susah, kita hanya butuh ide dan imajinasi untuk menjadikannya sebuah karya tulis yang bermanfaat.
Tetapi sebelum Anda benar-benar ingin masuk ke dalam dunia blogging, ada baiknya Anda memenuhi syarat-syarat yang akan saya berikan berikut ini.


1. Niat Membuat Blog

Sebelum Anda memulai membuat blog, tentunya Anda harus mempunyai niat dalam membuat blog. Karena mustahil seorang blogger membuat dan mengelola blognya tanpa adanya niat. Apa jadinya nanti blog yang ia kelola tanpa niat.
Untuk itu, jika Anda ingin benar-benar terjun dalam dunia blogging, tentukanlah niat Anda. Dan tanya pada diri Anda terlebih dahulu, "Untuk apa saya membuat blog?". Jika Anda sudah menemukan alasan dan niat Anda, Anda dapat melangkah pada syarat yang berikutnya.


2. Tujuan Membuat Blog

Ini adalah poin ke #2 yang wajib untuk Anda ingat sebelum membuat blog, tentukanlah tujuan Anda dalam membuat blog. Kenapa saya menekankan Anda harus menentukan tujuan? Karena menurut saya tujuan ngeblog itu ada 3, yaitu:

*. Membuat blog sekedar untuk mengisi waktu luang (untuk hobi)

Jika tujuan Anda hanya untuk sekedar hobi, saya rasa ini tidaklah memerlukan tujuan dan alasan yang penting.

*. Membuat blog untuk membagikan informasi-informasi (untuk publisher atau jurnalis)

Bertolak belakang dengan tujuan sekedar hobi, jika Anda membuat blog dengan tujuan ini berarti Anda perlu usaha keras untuk megelola blog Anda, karena Anda akan memberikan informasi-informasi yang penting kepada para pengguna internet.

*. Membuat blog untuk mendapatkan penghasilan atau uang (untuk pekerjaan)

Jika Anda mempunyai tujuan ini, tentunya Anda harus mempunyai kedua hal di atas, yaitu hobi dan informasi. Karena tanpa hobi dan informasi kita tidak akan bisa mendapatkan penghasilan. Itu disebabkan penghasilan itu datang dari hobi dan informasi. Jika kita urutkan, akan seperti ini.
Hobi dan Informasi > Informasi = Artikel > Artikel tentunya harus bermanfaat > Bermanfaat tentunya akan mendatangkan pengunjung yang banyak > Banyak tentunya akan banyak yang pasang iklan > Iklan adalah penghasilan Penghasilan adalah sukses

Nah, jadi sebelum Anda memulai membuat blog, ada baiknya Anda menentukan tujuan dasar Anda membuat blog.


3. Menentukan Niche (Tema / Topik)

Setelah kita mempunyai Niat dan Tujuan dalam membuat blog, inilah saatnya kita menentukan Niche atau tema / topik pembahasan dari blog kita. Niche sangatlah penting dan harus benar-benar Anda perhatian, karena ini dapat mendatangkan pengunjung. Janganlah memilih niche yang gado-gado (campuran), karena ini akan menyulitkan Anda sendiri dan pengunjung, itu dikarenakan artikel yang ada pada blog Anda tersebut adalah campuran dan itu dapat mempersulit pengunjung mencarinya.

Saran saya, pilihlah niche blog yang Anda kuasai atau yang menjadi hobi Anda. Ini agar memudahkan Anda nantinya mencari ide dalam menulis setiap artikel. Karena jika Anda memilih niche yang menjadi hobi atau yang Anda kuasai, itu akan membuat Anda merasa lebih santai, enjoy dan semangat dalam nge-blog karena idenya mudah untuk di dapat.

Selain itu, pilihlah niche blog yang jarang di bahas atau tidak pernah di bahas oleh para blogger lainnya. Kenapa? Karena google sangat menyukai blog yang unik (niche yang tidak pernah atau jarang dipakai orang), apalagi bermanfaat. Selain itu agar blog Anda mudah ditemukan pada search engine (mesin pencariaan).

Satu hal yang perlu Anda ingat, janganlah memilih niche yang sudah banyak dibahas oleh blogger lain, karena itu dapat menyulitkan Anda sendirinya. Seperti halnya saya, niche blog saya ini saya fokuskan kepada "Seputar dan Belajar SEO & Blogging". Niche seperti saya ini, sudah banyak yang membahasnya. Karena sudah banyak yang membahas, persaingan dalam mendapatkan peringkat pada search engine (mesin pencariaan) akan sulit. Nah, untuk itu saya menyarankan Anda memilih niche yang jarang atau tidak pernah di pakai oleh para blogger lain.


4. Membuat Blog

Nah, sekarang Anda sudah sampai pada langkah untuk menjadi seorang blogger yang sebenarnya, yaitu membuat blog. Setelah Anda mempunyai niat, tujuan dan niche, sekarang waktunya Anda membuat blog untuk agar Anda dapat menulis artikel hasil karya Anda pada blog dan mempublishkannya. Ada banyak layanan pembuat blog gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog, yaitu seperti:

*. Blogger
*. Wordpress
*. Mywapblog
*. Tumbrl
*. Dan yang lainnya

Seterah Anda mau memilih platform blog yang mana. Semuanya menurut saya bagus, asalkan di iringi dengan niat dan tujuan.


5. Membuat Artikel atau Postingan

Setelah Anda berhasil membuat blog, sekarang saatnya Anda membuat artikel untuk Anda masukan dalam blog Anda. Buatlah artikel yang unik, menarik dan bermanfaat. Tentunya tidak lepas pula dari niche blog Anda. Dan usahakan juga artikel Anda ada gambarnya, minimal satu gambar untuk melengkapi artikel Anda, karena yang menarik orang-orang untuk membaca sebuah artikel itu dilihat dari gambarnya.

Satu hal yang perlu untuk Anda ingat, jangan membuat artikel hasil Copy Paste (copas) dari blog orang lain. Karena itu dapat mengakibatkan fatal terhadap blog Anda, bisa-bisa blog Anda dilaporkan kepada Google atau DMCA Complaint. Sebaiknya Anda hindari hal yang seperti ini dalam pembuatan artikel jika Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi pada blog Anda.

Dan rajin-rajinlah Anda membuat artikel, usahakan 5 artikel per harinya agar blog Anda mudah masuk pada search engine. Jika Anda tidak mempunya waktu, minimal buat 1 - 5 artikel per minggunya. Ingat! Jangan biarkan blog Anda terbengkalai, karena rajin membuat artikel adalah kunci sukses dalam blogging.



6. Share Artikel dan Promosikan Blog Anda

Kita telah melewati #5 langkah di atas, kini saatnya Anda untuk share artikel dan mempromosikan blog Anda kepada teman-teman Anda atau kepada publik. Saya menyarankan Anda untuk men-share artikel setiap ada artikel baru yang terbit di blog Anda. Anda dapat men-sharenya lewat social media atau forum-forum, manfaatkanlah social media dan forum-forum untuk mendapatkan lalu lintas (traffik) untuk blog Anda dan bergabunglah dengan group-group yang ada di social media dan forum-forum.
Dan lakukanlah juga Blogwalking pada blog orang lain, dan berkomenta disana.



7. Menambahkan Widget

Anda sudah mempunyai blog dan artikel, tentunya Anda ingin mempercantik blog Anda dengan widget-widget yang keren dan bagus. Untuk itu tambahkanlah widget pada blog Anda. Perlu Anda ingat, janganlah terlalu berlebihan dalam memasang widget pada blog, karena itu dapat membuat loading blog Anda menjadi berat. Hindari widget-widget yang tidak penting.



Nah, itulah 7 Syarat Utama Sebelum Menjadi Seorang Blogger Yang Baru. Dalam artikel ini saya sengaja tidak menyinggung mengenai SEO, karena menurut saya untuk orang yang baru terjun dalam dunia blogging sebaiknya jangan terlalu mementingkan SEO dulu. Dengan seiringnya berjalannya waktu, Anda akan dapat Belajar SEO. Sebaiknya Anda lebih fokus dan pentingkan kualitas artikel Anda terlebih dahulu.

Alasan kenapa saya tidak membahas SEO pada artikel ini adalah karena materi atau belajar SEO itu sangatlah luas dan banyak. Jadi saya rasa tidak akan cukup jika saya membahasnya pada artikel ini. Namun jika Anda ingin juga belajar dan mengetahui teknik SEO, Anda dapat belajar pada artikel saya yang lain. Lihat pada bagian kategori (label) yang berjudul Belajar SEO. Atau Anda dapat klik langsung disini.


Demikianlah 7 Syarat Menjadi Blogger Pemula. Semoga ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "7 Syarat Menjadi Blogger Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel