Manfaat Daun Tanaman Sesuru

Manfaat Daun Tanaman Sesuru

Sesuru (Euphorbia antiquorum L) termasuk ke dalam familia Euphorbiaceae. Nama lokalnya antara lain, Sudu-sudu, Susurru, Susudu (Jawa). Umumnya ditanam di pekarangan, taman-taman atau tumbuh liar di ladang dan daerah pantai.

Tanaman Sesuru

Perdu tegak, tinggi 1-3 m, banyak berdahan, berdaging dan mengandung getah berwarna putih susu. Tanaman ini menyerupai kaktus, cabang tua bentuknya bulat panjang atau bersegi 3-6.

Cabang kecil mempunyai 3-5 sirip tebal yang bergelombang, dan pada setiap cekungan tumbuh sepasang duri tajam, dainnya sedikit, bertangkai pendek dan berdaging. Helaian daun bulat telur sungsang, panjang 8-12 cm, lebar 3-4 cm, bagian atas berwarna hijau tua, bagian bawah agak muda, tumbuh berseling diujung dahan, mudah terlepas.

Bunga kecil, berbentuk payung terdiri dari 3 kuntum yang keluar di cekungan sirip, diameter 1 cm, warnanya kuning pucat, Buah bundar, diameter 1 cm.

Kandungan Daun Sesuru

Bagian batang mengandung taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat. Daun mengandung peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji. Sedangkan getah mengandung euphorbol, euphol, dan cyeloartenol.

Manfaat Daun Tanaman Sesuru

1. Mengobati bisul

Batang dipotong tipis, hangatkan diatas api kecil. Letakkan di atas bisul atau radang kulit.

2. Mengobati Kurap

Cabang segar dibuang kulitnya, ditumbuk halus lalu diperas. Airnya dilumaskan pada kurap dan sekelilingnya. Lakukan 2 kali sehari.

3. Radang Anak Telinga

Cabang segar dibuang kulitnya, ditumbuk halus lalu diperas. Airnya dipakai untuk menetes anak telinga yang sakit. Sehari 4-6 kali, 2-3 tetes.

4. Sakit Gigi

Getah sesuru beberapa tetes, dengan lidi kapas dilumaskan pada gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan 1-2 kali sehari, tetapi harus hati-hati. Jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

5. Sembelit

Batang sesuru dicuci lalu digiling halus, peras. Airnya diaduk dengan tepung tapioka secukupnya lalu dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan dengan cara digoreng di atas tatakan genteng. Setiap kali makan 1 pil.


Note : Ibu Hamil dilarang menggunakan tanaman obat ini.

tags : mengobati sembelit dengan cepat - cara mengobati sembelit - cara mengobati sakit perut sembelit - mengobati sakit gigi berlubang - mengobati sakit gigi - mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat - mengobati kurap dengan cepat - mengobati kurap di selangkangan - cara mengobati kadas kurap di selangkangan - mengobati bisul di bokong - mengobati bisul secara alami - mengobati bisul dengan cepat - mengobati bisul yang sudah pecah - mengobati bisul di ketiak - mengobati bisul di wajah dengan cepat - mengobati bisul pada anak - mengobati bisul besar - mengatasi sembelit -mengobati sakit gigi - cara mengobati sakit gigi - cara mengobati sakit gigi berlubang - mengatasi sakit gigi - mengobati sembelit - mengobati sembelit secara alami - mengobati sembelit dengan cepat
mengobati sembelit pada anak - mengobati sakit gigi - mengobati sakit gigi berlubang - mengobati sakit gigi pada anak - mengobati sakit gigi secara alami - mengobati sakit gigi berlubang secara alami - mengobati sakit gigi anak - mengobati sakit gigi alami - mengobati kurap dengan cepat

0 Response to "Manfaat Daun Tanaman Sesuru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel