9 Khasiat Manfaat Tanaman Miana / Daun Iler Bagi Kesehatan

daun iler

Daun iler itu apa?

Tanaman Miana atau Iler, yang memiliki nama latin daun iler yaitu Coleus Scutellarioides sering tumbuh liar di pematang sawah atau tepi-tepi jalan. Namun Cara Perkembangbiakan tanaman iler atau cara menanam daun iler  ada juga yang sengaja menanamnya sebagai tanaman hias atau tanaman pagar.

Tanaman ini tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.500 mdpl.

BENTUK DAUN ILER PDF / WIKIPEDIA

Pohon berbatang basah yang tingginya mencapai 1 m. Daunnya berbentuk segitiga atau bentuk bulat telur dengan warna yang sangat bervariasi dari hijau hingga merah ungi berbulu, dan tepinya beringgit. Bunganya berwarna merah atau putih, ungu dan kuning.

KANDUNGAN DAUN MIANA

Tanaman iler mengandung senyawa kimia yang bermanfaat di antaranya:
  • alkaloid
  • etil salisilat
  • metil eugenol timol
  • karvalenol
  • mineral

Daun miana mengandung minyak atsiri, antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, dan etil salisilat yang menghambat iritasi. Selain itu daun iler juga mengandung sedikit lendir.

MANFAAT / KHASIAT TANAMAN MIANA (ILER)

kegunaan daun iler / manfaat daun iler adalah : 

1. Habis Bersalin

Daun iler segar 12 helai, herba jung rahab 1 sdt, asam kawak sekucupnya, dan air secukupnya. Jung rahab dibakar dan diambil abunya. Ramuan dipipis hingga berbentuk pasta. Ramuan ditapalkan di perut.

2. Radang Usus

Daun miana segar 12 helai, bawang merah (disangrai) 1 umbi, rimpang kunyit 2 gr, patikan cina segar 7 gr, menyan madu 1/2 gr, dan air 110 ml. Semua bahan dibuat infus atau dipipis. Ramuan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Setiap kali minum 100 ml (infus) atau 1/4 cangkir (pipisan)

3. Manfaat daun iler untuk Wasir

Daun iler segar 12 helai, daun wungu segar 7 helai, pegangan segar 1 genggam secukupnya, dan air secukupnya. Semua bahan dipipis. Ramuan diminum 1 kali sehari masing-masing 1/4 cangkir.

4. Mengobati Sakit Mata

Siapkan 5 helai daun iler dan cuci dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air sampai tinggal setengahnya. Ramuan disaring dan diminum sampai habis.

5. Mengobati Luka

Cuci bersih beberapa helai daun iler, remaslah sampai mengeluarkan air, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang luka atau borok. Gantilah tiga kali sehari.

6. Mengobati Sembelit

Rebus 5 helai daun iler dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan 1 sdm minyak kacang. Minumlah sekaligus.

7. Daun Iler untuk obat diabetes

Rebus batang bunga iler dan adas pulawaras secukupnya dengan 1 liter air sampai mendidih. Minumlah 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas pada pagi dan sore.

8. Mengobati sakit perut

Rebus 3 potong akar iler dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas. Minumlah pada waktu pagi dan sore.

9. Manfaat Daun Iler untuk Haid

Rebus daun iler secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum menjelang tanggal bulan haid.


Sumber referensi :
Tandi Herbie, Kitab Tanaman Berkhasiat Obat, Yogyakarta: Octopus, 2015.

0 Response to "9 Khasiat Manfaat Tanaman Miana / Daun Iler Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel