Daun Jayanti dan 4 Manfaatnya (Salah satunya Obati Ginjal)

Nama ilmiah dari Jayanti adalah Sesbania sesban Merr. Daun Jayanti termasuk ke dalam familia Papilionaceae.

Nama lokal Jayanti antara lain :

  • Jayanti (dalam bahasa Sunda)
  • Janti, Giyanti, Kelor Wana (Jawa)

Daun Jayanti dapat dimasak dan dimakan sebagai sayur. Jayanti juga dapat digunakan untuk pupuk hijau serta makanan. Dan Daun Jayanti Jenis tanaman obat maka dari itu saya akan membagikan cara membuatnya menjadi obat herbal.
Daun Jayanti dan 4 Manfaatnya

Ciri Tanaman Obat Jayanti

Perdu atau pohon kecil, tingginya 2-6 m, banyak bercabang, tumbuhnya cepat.Daun Jayanti berupa daun majemuk menyirip, dengan 7-25 pasang anak daun. Anak daun berbentuk garis sampai memanjang, bertangkai pendek, ujung bulat, tepi rata. Bunga dalam tandan, warnanya kuning. Buahnya buah polong, tumbuh menggantung, berbentuk garis.

Jayanti tanaman obat dan cara pengolahannya

Daun Jayanti dapat mengobati demam, cacingan, TBC, radang selaput lendir mata, dan infeksi ginjal. Kulitnya mengobati kepala pusing dan batuk. Sedangkan akarnya untuk kencing nanah dan sifilis.

1. MEngobati Tuberkolosis Paru

Daun jayanti 1/4 genggam dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 gelas air masak dan 1 sdm madu. Aduk sampai merata, lalu diperas dan disaring, minum. Lakukan 3 kali sehari.

2. Mengobati Kencing Nanah

1 jari akar jayanti, 6 lembar daun sirih, 6 buah kemukus, jintan hitam dan adas masing-masing 3/4 sdt, 3/4 jari pulosari, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, diminum. Sehari 3 kali masing-masing 3/4 gelas.

3. Mengobat Infeksi Ginjal

Daun Jayanti sebanyak 1 genggam dicuci bersih lalu bilas dengan air matang. Masukkan daun tadi ke dalam 3/4 gelas air. Remas-remas daunnya sampai airnya berbusa. Saring lalu minum airnya. Lakukan setiap hari, sampai kencingnya menjadi lancar dan jerni kembali.

4. Demam

Daun secukupnya dicuci bersih lalu diremas-remas dengan adas. Dibalurkan pada badan sehinga memberikan rasa sejuk pada penderita demam.


Demikian artikel tentang daun jayanti dan manfaatnya, semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
  • Tandi Herbie, Kitab Tanaman Berkhasiat Obat, Yogyakarta: Octopus, 2015
  • Wikipedia

0 Response to "Daun Jayanti dan 4 Manfaatnya (Salah satunya Obati Ginjal)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel