Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar

cara kerja kopling otomatis -  Kopling otomatis banyak digunakan pada sepeda motor jenis bebek dari berbagai merek yang ada. Kopling jenis ini biasanya ditempatkan pada bagian poros engkol.

Kopling otomatis terdiri dari :


  • rumah kopling
  • hub kopling
  • plat gesek
  • plat tekan
  • komponen lainnya yang menunjang kerja kopling
Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar

Apa itu kopling otomatis?

Sebenarnya pada kopling otomatis ini dilengkap dengan dua buah kopling (double clutch), yang mana kopling pertama dapat memutuskan dan menyambungkan tenaga dari hub kopling langsung ke bagian poros engkol. Kopling kedua adalah dapat memutuskan dan menyambungkan tenaga dari rumah kopling ke bagian hub kopling, dengan terlebih dahulu melalui plat gesek dan plat tekan. Kedua kopling ini dapat bekerja dengan jalan memanfaatkan gaya centrifugal yang dihasilkan oleh putaran mesin.

Hub kopling dilengkap dengan bobot centrifugal, bobot ini sewaktu mesinnya belum hidup akan ada pada posisi menutup tertarik oleh pegas. Oleh sebab bobot centrifugal tertutup, maka bagian hub kopling dapat mengunci langsung dengan poros engkol.

Penguncian antara hub dan poros engkol gunanya agar sewaktu mesin akan dihidupkan atau ditendang kick starternya, tenaga dari belakang akan dapat diteruskan ke bagian poros engkol. 

Tetapi setelah mesinnya hidup, bobot centrifugal akan terlempar ke luar, sehingga antara hub dan poros engkol dapat saling terbebas satu sama lainnya. Kopling yang terdapat pada hub ini adalah bentuknya hampir sama dengan kopling starter, hanya pada kopling starter tidak dilengkapi bobot centrifugal. 

Pada saat mesin mati, kemudian kita putar bagian hub ini searah dengan putaran mesin, maka hub dan poros engkol akan terkunci.

Tetapi bila kita putar tidak searah dengan putaran mesin, hub ini akan bebas berputar pada poros engkol tersebut.

Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar


Sewaktu mesinnya telah hidup, kopling yang bekerja adalah melalui rumah kopling, yang mana plat-plat koplingnya akan saling menjepit bila putaran mesin dipertinggi. Akibat terjepitnya plat-plat kopling, maka tenaga putaran yang ada pada rumah kopling dapat dipindahkan ke bagian hub kopling, yang selanjutnya tenaga diteruskan pada poros utama melalui roda gigi pemindah tenaga yang ditempatkan pada poros utama.

Roda gigi pemindah tenaga ini dihubungkan dengan gigi yang terdapat pada bagian hub kopling. Untuk lebih jelasnya bagaimana kerja kopling yang kedua ini, maka perhatikan gambar berikut ini.

Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar

Pada gambar di atas, terlihat peluru akan bergerak ke arah luar oleh gaya centrifugal. Dengan bergeraknya peluru ke arah luar berarti akan mendorong plat tekan yang ada di dekatnya agar semua plat kopling saling menjepit.

Lain halnya dengan kopling otomatis yang digunakan pada sepeda motor Honda atau Binter Joy, yang mana bagian hub koplingnya selalu dapat berputar bebas pada poros engkol. Hub kopling jenis ini dilengkapi dengan alur penggeser hub.

Sewaktu kick starter ditendang akan dihasilkan tenaga putaran dari arah belakang mesin, akibatnya hub kopling akan bergerak ke arah luar mengikuti alur yang ada pada hub tersebut, sehingga plat-plat kopling akan saling menjepit. Dengan terjepitnya plat kopling oleh hub ini maka tenaga dari belakang akan dapat diteruskan pada poros engkol, dengan terlebih dahulu melalui plat kopling dan rumah kopling.

Tetapi sewaktu mesinnya telah hidup, bobot penekan plat pada rumah kopling akan terlempar ke luar guna menekan plat-plat kopling, seperti halnya peluru pada kopling otomatis yang telah diterangkan sebelumnya.

Pada saat kita akan mengunci atau menetralkan gigi versneleng, poros utama harus terbebas dari tenaga mesin. Hal ini berarti plat-plat kopling harus dibuat merenggang, terutama pada saat kendaraan sedang digunakan pada kecepatan tertentu. 

Untuk merenggangkan plat-plat kopling digunakan alat pendorong rumah kopling agar posisinya dapat mundur, alat pendorong ini kerjanya bersamaan waktunya dengan proses penguncian atau penetralan gigi versneleng. Mundurnya posisi rumah kopling dapat bersamaan waktunya dengan proses penguncian atau penetralan gigi adalah disebabkan mekanismenya saling berhubungan, yang mana tuas pendorong rumah kopling ini ditempatkan pada poros yang berhubungan dengan pedal pemindah gigi.

Demikian artikel tentang Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar


Sumber referensi:
RS Northop, Teknik Reparasi Sepeda Motor, Bandung: 1995, Pustaka Grafika

0 Response to "Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Motor Matic atau Bebek disertai Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel