Cara Kerja Kopling Motor Disertai Gambar Ilustrasinya

kopling

Pada rumah kopling terdapat roda gigi kopling dengan jumlah gigi yang cukup banyak dan rumah kopling ini ditempatkan pada poros utama, walaupun rumah kopling ditempatkan pada poros utama, akan tetapi rumah kopling dapat bebas bergerak (berputar) pada poros utama tersebut.

Roda gigi kopling dihubungkan dengan roda gigi pada poros engkol, roda gigi ada poros engkol ini disebut gigi mesin. Reduksi kedua gigi ini cukup besar yang gunanya agar mesin dapat ringan di dalam menarik beban kendaraan, oleh sebab kedua roda gigi ini saling berhubungan, maka setiap mesin hidup sudah barang tentu rumah kopling akan turut berputar bersama poros engkolnya.

Cara Kerja Kopling Motor


Walaupun telah dipasang rumah kopling pada poros utama, belum berarti tenaga putaran dari poros engkol sudah dapat sampai pada poros utama. Agar tenaga pada poros engkol sampai pada poros utama, maka pada poros utama tersebut dipasang hub kopling.

tuliskan fungsi utama dari plat kopling :

Untuk menyatukan antara rumah kopling dan hub kopling, digunakan dua tipe plat kopling (plat tekan dan plat gesek)

Plat Gesek dapat bebas bergerak dari hub kopling, akan tetapi tidak dapat bebas pada rumah kopling dan sebaliknya plat tekan dapat bebas bergerak dari rumah kopling, tetapi tidak dapat bebas bergerak pada hub kopling.

Bila kedua tipe plat kopling ini dijepit oleh piring penekan dengan bantuan pegas kopling, hal ini berarti tenaga dari paras engkol baru akan dapat diteruskan pada poros utama.

Cara Kerja Kopling Motor

Jadi, urutan perpindahan tenaga dari poros engkol ke poros utama adalah sebagai berikut:

Pertama, tenaga datang dari poros engkol, kemudian tenaga ini dipindahkan pada rumah kopling melalui roda gigi mesin dan roda gigi kopling.

Dari rumah kopling tenaga diteruskan pada bagian hub kopling melalui plat gesek dan plat tekan, dengan pindahnya tenaga dari rumah kopling ke bagian hub kopling, berarti tenaga sudah dapat sampai pada poros utama, karena hub kopling tidak dapat bebas berputar pada poros utama.

Cara Kerja Kopling Motor
gambar cara kerja kopling

Bila tenaga yang terdapat pada poros engkol akan diputuskan dengan poros utama, berarti handel kopling pada stang kemudi harus ditarik. Dengan ditariknya handel ini berarti kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling, yang mana alat pembebas kopling ini akan menekan sebuah batang logam (push rod) yang ditempatkan di dalam poros utama. Batang penekan akan mendorong piring penekan plat kopling ke arah luar dengan melawan gaya tarik pegas kopling, akibat bergeraknya piring penekan ke arah luar, maka kedua tipe plat kopling akan saling merenggang, sehingga tenaga putaran poros engkol hanya sampai pada bagian rumah kopling termasuk plat geseknya saja.

Cara Kerja Kopling Motor


Sumber referensi :
RS Northop, Teknik Reparasi Sepeda Motor, Bandung: 1995, Pustaka Grafika
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gear_coupling.png

0 Response to "Cara Kerja Kopling Motor Disertai Gambar Ilustrasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel