Cara Bikin Tumis Kangkung Pake Oncom

Cara Bikin Tumis Kangkung Pake Oncom - Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah di dapat dan terjangkau dimana-dimana . dari pasar tradisional hingga supermarket-supermarket terdekat yang menyajikan kangkung segar . mempunyai harga yang murah dan mudah di olah menjadi masakan yang lezat . membuat banyak orang menyukai kangkung sebagai salah satu sayur pilihan untuk teman nasi .

Kangkung yang mempunyai kandungan gizi seperti vitamin A , Vitamin B1 , Vitamin C , Protein , Kalsium , Fosfor dan Zat Besi sangat baik di konsumsi oleh tubuh . tapi hati-hati saat mau mengolah sayuran kangkung ini ya teman . kangkung yang hidup di rawa-rawa riskan sekali dengan binatang-binatang kecil yang menempel di dalam kangkung . sehingga harus benar-benar di bersihan agar kangkung aman di konsumsi oleh keluarga .

Kangkung sendiri biasanya di olah menjadi cah kangkung , tumisan , pecel sayur , gado-gado jawa , bahkan ada yang menjadikan sebagai lalaban mentah maupun yang hanya di rebus saja . biasanya kalau di jadikan lalaban , si kangkung dinikmati dengan ikan asin dan sambal cabai . uhh makyus sekali pasti tuh . tapi kali ini harianresep.blogspot akan mengajak kalian untuk mengolah kangkung dengan nikmat dan lezat .

Yaitu dengan di tumis dan di beri irisan oncom yang mempunyai aroma khas sedap . tumis kangkung oncom seperti ini sangat khas sekali di daerah sunda . seperti bogor , bandung , sukabumi , dan daerah sunda lainnya . untuk orang sunda , tumis oncom seperti ini tentu saja sudah tak asing lagi bagi mereka . di masak dengan bumbu pilihan membuat tumis oncom memiliki aroma wangi yang sedap dan rasanya yang mantap .

Cocok sekali jika di sajikan dengan nasi hangat beserta lauk pilihan anda dan keluarga . di nikmatinya saat masih panas gitu ya teman , agar terasa lebih makyus . soalnya kan tumis kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran yang mudah layu setelah di masak . so , jangan sungkan lagi untuk mengkonsumsi kangkung , karena banyak gizinya yang baik bagi tubuh . 

gambar cah kangkung
gambar cah kangkung

Sejarah Asal Usul Mula Oncom 

Oncom merupakan jenis makanan yang khas dari tradisonal indonesia . oncom yang terbuat dari ampas tahu ini merupakan salah satu bahan makanan yang populer di daerah jawa , khususnya jawa barat . beberapa menu yang enak dan lezat dapat di buat dengan bahan dasar oncom . dari warteg , rumah makan sunda hingga restauran serasa ingin berlomba-lomba menghadirkan menu masakan yang enak dan nikmat yang terbuat dari oncom . 

Jika kita telusuri oncom merupakan bahan makanan yang merupakan hasil fermentasi dari beberapa jenis kapang ( bahan yang biasa diolah menjadi tempe ) . oncom sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu oncom merah dan oncom hitam . oncom merah merupakan degradasi oleh kapang oncom Neurosporasitophila atau N.intermedia , sedangkan oncom hitam di degradasi oleh kapang tempe Rhizopus Oligosporus .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom

Untuk oncom merah umumnya dibuat dari bungkil tahu , yaitu dengan mengambil kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu . dan untuk oncom hitam dibuat dari bungkil kacang tanah , namun terkadang dicampur ampas singkong atau tepung tapioka . bertujuan agar oncom hitam mempunyai tekstur yang lebih baik dan lunak .

Walapun oncom merah dan oncom hitam ini merupakan limbah , namun kandungan gizi yang terdapat pada oncom cukup tinggi untuk dimanfaatkan oleh manusia . kalian pastinya sudah pernah menikmati oncom ini bukan ? selain memiliki rasa yang enak , memiliki harga yang murah dan kandungan gizinya pun baik untuk tubuh kita . untuk oncom sendiri dapat kita jumpai di warung sayur seperti di pasar-pasar tradional maupun di pasar modern .

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Oncom

Selain terkenal memiliki harga yang murah meriah , oncom sendiri juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik sebagai sumber asupan gizi sehari-sehari seperti yang sudah kita bahas tadi .

Kandungan karbohidrat serta proteinnya yang tinggi ditemukan pada bungkil kacang tanah yang merupakan salah satu bahan terbuatnya oncom . populasi kapang juga diketahui dapat menekan produksi alfatoksin dari Aspergillus Flavus yang sebelumnya telah mencemari bungkil .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom Merah

Kejadian degradasi yang dilakukan oleh kapang menyebabkan terjadinya beberapa oligosakarida sederhana seperti rafinosa , sukrosa , dan stakhiosa menurun pesat kandungannya akibat aktivitas enzim a-galaktosidase , yang menghasilkan kapang .

Tentu saja hal ini sangat baik untuk pencernaan , mengingat rafinosa dan stakhiosa berperan penting dalam gejala faltulensi yang muncul jika orang mengkonsumsi kacang tanah atau biji kedelai .

Penampilan , bentuk dan warna yang ada pada oncom jika kita lihat sekilas memang kurang menarik . meskipun oncom mempunyai gizi yang tinggi dan baik dikonsumsi oleh tubuh . oke , setelah kita menjelaskan tentang kankung , asal usul oncom dan nilai gizi dari oncom , mari kita simak baik-baik resep dan cara membuat tumis oncom yang pedas dan super nikmat di bawah ini . cekidot :)

Cara Bikin Tumis Kangkung Pake Oncom

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Bahan Tumis Kangkung Oncom :

  • Kangkung 2 ikat ( potong-potong lalu cuci hingga bersih )
  • Oncom merah 350 gram ( rendam dalam air panas sebentar , angkat lalu peras )
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Cabai merah besar 2 buah ( diiris serong )
  • Cabai rawit hijau 10 buah ( diiris serong )
  • Tomat 1 buah ( diiris )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya ( optional )
  • Minyak sayur ( digunakan untuk menumis )

Cara Membuat Tumis Kangkung Oncom :

  1. Pertama-tama panaskan minyak sayur , lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi . 
  2. Selanjutnya masukkan cabai merah , cabai rawit , tomat , garam , gula dan penyedap rasa . aduk-aduk hingga rata .
  3. Kemudian masukkan kangkung yang sudah di cuci bersih dan oncon , aduk rata . lalu masak hingga kangkung sedikit layu dan oncom matang .
  4. Angkat , dan tumis oncom yang enak dan super pedas siap di sajikan di piring saji .

Pedas dan gurihnya tumis kangkung oncom ini begitu nikmat . apalagi bagi kalian yang suka sekali dengan pedas , rasanya pedasnya nampol sekali teman . tapi bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas penggunaan cabai rawitnya dapat di atur sesuai selera ya . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat yang kami bagikan kali ini . 

0 Response to "Cara Bikin Tumis Kangkung Pake Oncom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel