6 Tips Agar Google Chrome di Laptop Cepat dan Hemat RAM

Walau windows sudah punya browser bawaan berupa microsoft edge, namun banyak yang lebih menyukai browser buatan google yaitu chrome. Selain karena memiliki konektivitas dengan data akun di ponsel, chrome memiliki interface yang cukup bagus.

Namun dari sisi penggunaan resource RAM, chrome sangatlah boros. Sehingga laptop akan menjadi lemot bahkan bisa sampai crash / lag. Selain mengganggu performa, chrome juga membuat baterai lebih mudah terkuras karena pengaruh penggunaan daya yang berlebih.

Tips Agar Google Chrome di Laptop Cepat 

 6 Tips Agar Google Chrome di Laptop Cepat dan Hemat RAM

Berikut beberapa cara mempercepat google chrome pada laptop :

Update chrome ke versi terbaru

Pihak pengembang chrome sendiri pasti selalu berupaya untuk memperbaiki masalah yang membuat lambat aplikasinya. Dari waktu ke waktu terus dilakukan optimasi agar semakin cepat dan jauh lebih baik.

Untuk itu kita perlu memperbarui setiap kali ada pembaruan. Atau jika kuota tidak memungkinkan, setidaknya perbarui saat ada major update tiap beberapa bulan sekali. Setelah di update, google chrome akan berjalan lebih optimal.

Karena bila sampai terjadi lag saat sedang melakukan hal penting seperti update status di medsos, streaming youtube, atau saat sedang mendownload file tentunya sangatlah menjengkelkan. Maka dari itu perbaruilah aplikasi sesering mungkin.

Nonaktifkan task yang sedang berjalan

Tanpa disadari, banyak task yang berjalan sendiri akibat membuka banyak tab dan projek tertentu. Jika terus dibiarkan, tentunya akan semakin memakan resource laptop kita. Sehingga tiba-tiba menjadi not responding. Berikut cara menonaktifkannya:
  • Simpan terlebih dahulu hasil pekerjaan
  • Klik titik tiga di kanan atas
  • Pilih fitur lainnya > pengelola tugas
  • Nonaktifkan task yang tidak diperlukan lagi
  • Pilih akhiri proses

Hapus ekstensi yang tidak digunakan

Ekstensi itu ibarat sebuah aplikasi yang berjalan dalam aplikasi. Semakin banyak ektensi terpasang, akan mengakibatkan aplikasi melambat. Sebaiknya pilah mana yang harus diinstal dan tidak, jangan asal dipasang semua.

Untuk menghapus beberapa ekstensi chrome yang sudah tidak dibutuhkan lagi bisa mengikuti cara ini:
  • Buka chrome
  • Klik titik tiga di kanan atas
  • Pilih fitur lainnya > ekstensi
  • Hapus ekstensi yang tidak diperlukan

Tutup tab jika sudah tidak digunakan

Tab walau hanya berisi halaman artikel saja tetap memakan resource yang cukup banyak. Apalagi sampai berisi halaman dengan data besar seperti video dan game. Pastinya bisa seketika membuat chrome not responding.

Agar beban chrome tidak semakin berat, tutup semua tab yang tidak diperlukan. Termasuk tab di jendela penyamaran. Walau jendela penyamaran tidak menyimpan cache, history dan cookie, tapi tetap merekam sementara sehingga kerja chrome lebih berat apabila banyak yang terbuka.

Hapus cache secara rutin

Cache walau hanya menyimpan data sementara tapi lama-lama bisa menumpuk sangat besar hingga puluhan GB. Pembersihan cache secara rutin diperlukan agar memory bisa lebih bebas dan chrome lebih cepat.

Pastikan sebelum menghapus cache, lakukan backup data terlebih dahulu. Semua kerjaan yang mungkin belum tersimpan harus disave terlebih dahulu. Karena saat sudah dihapus, maka tidak bisa direstore lagi.

Menggunakan tema default

Chrome memang memungkinkan penggunanya memakai tema custom agar tampilan lebih hidup dan tidak monoton. Tapi akibatnya setiap kali membuka aplikasi dan tab baru resource yang dibutuhkan pun akan semakin besar.

Anda bisa mengembalikan tema ke settingan default bila dirasa chrome menjadi lebih lambat saat menggunakan tema custom. Namun bila tidak ada pengaruhnya, tidak masalah bila tetap menggunakan tema custom.


Demikian beberapa tips agar google chrome di laptop cepat dan tidak ngelag lagi. Jika sudah dilakukan kesemua cara di atas tapi tetap masih lambat, berarti laptop anda yang harus di upgrade agar menyesuikan dengan kebutuhan saat ini.

0 Response to " 6 Tips Agar Google Chrome di Laptop Cepat dan Hemat RAM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel