Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan Metode PenelitianPada dasarnya metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Sehingga ada beberapa kata kunci yang dapat kita tarik dari metode penelitian, yaiut cara ilmiah, data, kegunaan, dan tujuan. 
Pengertian Metode Penelitian Menurut Sugiyono

Cara Ilmiah dan Data

Cara ilmiah maksudnya adalah segala kegiatan penelitian yang didasarkan kepada ciri-ciri keilmuan, yaitu empiris, rasional, dan sistematis. Empiris artinya adalah cara-cara yang dilakukan dalam penelitian dapat diamati oleh indera manusia. Maksud Rasional adalah kegiatan penelitian dilakukan dengan cara yang masuk akan, dan bisa dinalarkan oleh manusia. Sedangkan Sistematis maksudnya adalah dalam melakukan penelitian tersebut menggunakan langkah-langkah yang tersusun rapi.

Selanjutnya data yang diperoleh melalui penelitian yang dilakukan adalah data empiris, yang memiliki kriteria tertentu yaitu valid. Valid maksudnya adalah ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dikumpulkan oleh si peneliti. Contoh data yang valid adalah misalnya di desa A terdapat 110 orang penduduk perempuan, dan si peneliti harus melaporkan jumlah tersebut sebanyak 110 orang. Jika si peneliti melaporkan jumlah kurang dari 110 atau lebih dari 110 itu artinya datanya kurang valid atau tidak valid.

Untuk mendapatkan data yang langsung valid dalam suatu penelitian memang merupakan hal yang sulit, oleh karena itu data yang telah dikumpulkan sebelum diketahui validitasnya, data tersebut dapat diuji melalui pengujian reliabilitas dan obyektivitas. Reliabilitas bekenaan dengan keajegan data dalm interval waktu tertenut. Misalnya pada hari pertama wawancara, sumber data mengatakan bahwa jumlah karyawan yang mogok kerja adalah sejumlah 80 orang, maka besok atau lusa pun sumber data tersebut jika ditanya akan tetap mengatakan jumlah yang mogok kerja adalah 80 orang.

Kemudian obyektivitas berhubungan dengan kesepakatan banyak orang. Jika orang banyak mengatakan jumlah karyawan yang mogok kerja adalah 85 orang, maka data tersebut adalah data yang objektif. Objektif adalah lawan dari subjektif.

Perlu diingat bahwa data yang reliabel belum tentu data yang valid. Contohnya misal setiap hari siswa pulang sekolah pada jam pulang yaitu jam 13.00 WIB, padahal kenyataannya ada kalanya siswa pulang sekolah jam 12.00 WIB. Kemudian data yang objektif belum tentu valid. Contoh misal ada 9 orang yang mengatakan si Andi adalah pencuri, dan 1 orang mengatakan bahwa si Andi bukan pencuri. Padahal yang benar justru yang 1 orang. Pernyataan 9 orang tersebut terlihat objektif akan tetapi tidak valid.

Baca Juga : Apa yang dimaksu dengan Masalah Penelitian?

Kegunaan dan Tujuan

Kata kunci selanjutnya adalah kegunaan dan tujuan. Setiap penelitian yang dilakukan tentu menpunyai tujuan dan kegunaan. 

Jika disimpulkan secara umum, tujuan penelitian itu ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan

  • Penemuan maksudnya adalah data yang diperoleh dari penelitian adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum diketahui. 
  • Pembuktian maksudnya adalah data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya keragu-ruguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu. 
  • Pemgembangan maksudnya adalah penelitian tersebut memperdalam dam memperluas data yang sudah ada sebelumnya.
Contoh penelitian yang bersifat penemuan adalah penelitian dalam menemukan cara yang baik untuk mencegah korupsi. Penelitian yang bersifat pembuktian contohnya apakah betul uang jajan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Dan contoh penelitian bersifat pengembangan adalah penelitian dalam mengembangkan cara penanam padi yang lebih baik.

Kesimpulan

Pada umumnya data yang telah diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah. Memahami artinya memperjelas suatu masalah atau informasi. Memecahkan berarti mencari solusi dari masalah. Mengatisipasi maksudnya mengupayakan agar masalah tidak terjadi lagi.

-------------------------------------
tags : pengertian metode penelitian pdf, pengertian metode penelitian menurut who 2018

Sumber Referensi :

  • Sumber : Prof. Dr. Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.
  • Gambar dari PngDownload.id

0 Response to "Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel