5+ Tari Tradisional Kalimantan Barat Paling Terkenal

Tari Tradisional Kalimantan Barat - Indonesia merupakan suatu negara kebangsaan yang didalamnya terdapat ribuan kesenian, bahasa, tradisi dan budaya. Masing-masing darinya memiliki ciri khas, keunikan, kriteria dan manfaat yang beragam.

Antara satu dengan provinsi lain, terdapat banyak sekali perbedaan yang bermuara pada satu kesatuan, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Salah satu yang paling mencolok dan tersohor adalah mengenai Tari Tradisional di Indonesia.

Kalimantan Barat, adalah salah satu pulau yang ada di Indonesaia yang memiliki julukan Seribu Sungai. Julukan ini memang sangat cocok bagi Kalbar karena setiap geografisnya yang memiliki banyak sekali sungai kecil atau besar.

5+ Tari Tradisional Kalimantan Barat Paling Terkenal

Di Kalbar ini sebagian besar dihuni oleh kalangan Suku Melayu dan Suku Dayak sehingga kalbar memiliki adat tradisional yang sangat unik.

Seperti yang ada pada provinsi yang lain, provinsi Kalbar tentunya juga memiliki tarian adat yang indah dan pada umumnya akan di pentaskan pada saat upacara adat, penyambutan tamu, khitanan, acara pernikahan dan lain lain.

Lalu, Apa sajakah tarian adat Kalimantan Barat? Berikut informasinya dari Website Senipedia.


1. Tari Pingan

Tari adat yang bersifat hiburan bagi rakyat. Bahasa Dayak Mualang, “pingan” artinya piring yang terbuat dari batu atau tanah liat. Sesuai namanya, dalam pertunjukannya setiap penari akan memakai piring sebagai salah satu propertinya.

Tari Pingan terbagi 2 (dua) jenis yaitu Tari Pingan inok (wanita) dan Tari Pingan laki (laki-laki). Adapun perbedaan dari kedua jenis ini yaitu terletak pada gerakannya, karena gerakan tersebut memiliki tingkat kesulitan berbeda pada setiap gerakan atraksinya.

2. Tari Jepin

Merupakan salah satu media penyebaran dari agama Islam yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Tari Jepin adalah kesenian tari gerak dan lagu yang terdapat arti dari setiap gerakannya.

3. Tari Monong

Tarian ini diikuti oleh anggota keluarga yang sakit dan dipimpin oleh seorang dukun. Tarian ini dijadikan ritual untuk meminta penyembuhan pada Tuhan agar warga yang sakit diberikan kesembuhan seutuhnya.

Tetapi, seiring dengan perkembangan era yang kian maju, tarian ini tidak hanya dijadikan sebatas tradisi / ritual semata, melinkan juga sebagai media hiburan, pentas seni dan acara adat secara umum.

4. Tari Jonggan

Merupakan jenis tari pergaulan masyarakat Dayak Kanayan yang ada di daerah Kubu Raya, Mempawah, Landak. Jenis tarian adat kalimantan barat ini menceritakan tentang suka cita dan kebahagiaan dalam sebuah pergaulan muda mudi suku Dayak.

Dalam jenis tarian ini para tamu yang datang pada umumnya akan diajak untuk menari secara bersama.

5. Tari Kondan

Merupakan jenis tari pergaulan yang diiringi dengan pantun dan musik tradisional dari masyarakat Dayak dari kabupaten Sanggau Kapuas.

Kesenian Kondan merupakan sebuah ucapan kebahagiaan terhadap para tamu yang berkunjung dan akan bermalam di daerahnya. Kesenian tari ini dilakukann dengan cara menari dengan bersama dan dengan berbalas pantun.

6. Tari Pedang

Tarian adat ini dilakukan sendirian yang menceritakan tentang sebuah persiapan dari seorang pemuda untuk membela diri yang akan turun pada ekspedisi Mengayau.

Tarian ini ada di suku Dayak Mualang. Pada zaman dulu tarian adat ini digunakan untuk memuja pedang/nyabor, gerakan pada tarian pedang seperti gerakan penari pedang yang ada di daerah lain yaitu gerakan menyerang, menangkis dengan menggunakan gaya tradisional dayak.

Penutup

Demikianlah, informasi beberapa jenis tarian adat kalimantan barat yang dapat kami sajikan kepada anda. Semoga informasi ringkas di atas bisa memberi manfaat, menambah wawasan dan dijadikan salah satu referensi utama bagi Anda. Terima kasih.


Sumber gambar dari Blogkulo.com

0 Response to "5+ Tari Tradisional Kalimantan Barat Paling Terkenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel