Masa Lalu itu Masa Depanmu! (Kok Bisa? Maksudnya?)

 Kamu udah tahu kan? Apa yang telah kamu lakukan di masa lampaumu akan mempengaruhi segala sesuatu ke masa sekarang. Dan apa yang sedang kamu lakukan sekarang juga akan mempengaruhi masa depanmu.   Apapun yang telah kamu pelajari dimasa kecil dahulu, ga bakalan deh mubazir. Karena segala sesuatu itu ga ada yang kebetulan. Kalo emang kita dapet itu, dapet ini, ya karena emang udah ditakdirkan begitu.   Jadi, jangan bilang kalo segala yang telah kamu lakukan dimasa lampau ga akan berguna. Aku jelasin sekali lagi, pasti akan berguna. Ga ada sesuatu apapun yang ga berguna yang telah diciptakan oleh Allah s.w.t. semuanya pasti berguna. Begitu juga apa yang telah kamu pelajari ataupun yang kamu alami. Karena sebenernya jika kamu mengalami sesuatu itu sebagai bekal nantinya dimasa sekarang maupun dimasa depan. Yakin dan percayalah.   Misalkan, kamu udah belajar diwaktu kamu sekolah dulu. Kamu diajarkan tentang mengapa jika tangan atau kulit kita terkena bensin, kulit kamu akan terasa dingin dan bensinpun akan menguap lalu hilang. Itu semua dikarenakan bensin bisa mengguap dari cair menjadi gas itu butuh kalor / panas. Kulit atau daging kamu kan ada sumber kalornya/sumber panas, jadi itu akan diserap oleh bensin, sehingga kulit kamu yang terkena bensin akan terasa dingin karena kalornya hilang. Kalo dipikir-pikir setelah lulus sekolah, pasti kamu akan bilang ini sesuatu yang ga penting. Sesuatu yang ga berguna, sesuatu informasi yang ga bermanfaat, katamu. Jika saja kamu memahaminya dan mengambil hikmahnya, nanti bakalan kamu mengerti bahwa semuanya itu ga ada yang mubazir. Kamu tau, sistem yang ada di lemari es / kulkas dan pendingin ruangan/AC itu juga memakai sistem sama seperti terjadinya bensin menguap. (ga akan kujelasin detilnya). Nah kalo tau sistem itu kan, jika seandainya ada yang nanya ama kamu, bakalan bisa dijawab. Kamu akan terlihat orang pintar. Seandainya kamu ga tau apa-apa, kamu akan terlihat apa? Apalagi misalnya kamu punya adik atau nanti punya anak, pasti bakalan kamu harus mengajarkan kepada mereka. karena itu tanggung jawabmu. Kamu akan dianggap sebagai orangtua yang ilmu pengetahuannya luas. Atau bisa jadi suatu saat kamu jadi seorang penulis blogger, kamu bisa ngasih tau informasi beginian (wkwk).   Pokoknya, jika ada sesuatu informasi atau apapun yang menghampiri kamu, maka niatkan bahwa suatu saat bakalan berguna. Jika kamu ditakdirkan untuk menguasai suatu bidang tertentu, nanti bakalan deh bidang yang ketahui itu akan digunakan dimasa sekarang maupun dimasa depanmu. Jadi bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, jangan malas deh jika ada pelajaran yang kamu anggap ga penting, ga guna. Pasti bakalan dipake, karena sesuatu itu ga ada yang kebetulan. Jika kamu ditakdirkan harus mempelajari itu maka emang itu untuk bekalmu untuk dikemudian hari.   Apalagi bagi kamu yang punya cita-cita. Misalkan sejak kecil, kamu udah pinter memaenkan orang-orangan atau figuran (itu loh maenan orang-orang mini). Kamu seakan-akan membayangkan sesuatu cerita selayaknya dalang pewayangan dan itu rutin kamu lakukan dan ga pernah bosen, maka percaya deh itu bukan kebetulan. Itu semua adalah bekalmu untuk masa depanmu, karena mungkin aja kamu jadi sutradara baik teater maupun film. Itu juga berlaku bagi bakat minat lain, jika kamu suka maen dokter-dokteran diwaktu kecilmu dan konsisten menyukai itu sampai sekarang. Pasti deh itu semua bukan kebetulan.   Walaupun kamu akan diremehkan karena kamu ga mungkin menjadi seperti yang kamu inginkan, yakin aja deh selama yang kamu inginkan kamu dipelajari sejak dahulu. Pasti itu bekalmu untuk masa depanmu. Apa yang telah kamu pelajari ga bakalan mubazir.   Pengalaman   Dari dulu aku emang hobi banget nulis ama ngebaca buku. Tulisanku lebih dominan tentang cerita-cerita nyata atau khayalan gitu. Trus buku favoritku juga tentang cerita-cerita, legenda, ilmu pengetahuan serta informasi.   Sekarang ada manfaatnya, liat seluruh postinganku deh. Kamu dapet informasi yang mungkin aja baru kamu ketahui atau kamu sudah tahu tapi lupa namun inget lagi abis baca postinganku.   Itu semua berkat dari dulu aku suka banget nulis ama baca buku pengetahuan dan sampai sekarangpun masih. Sekarang lebih berat lagi bacaannya, wkwk. Aku rekomendasiin baca deh buku tentang agama Islam, Filsafat/Filosofi Islam, dan Psikologi. Kamu akan mengambil manfaatnya banyak banget.   Buku Islam makin kamu mengenal agamamu. Ilmu filsafat makin kamu pinter menggunakan akal pikiran serta logikamu. (jangan anggap filsafat itu sesat. Itu tergantung filsafat yang mana dulu nih, kalo kamu baca filsafat agama lain ya jelas sesat.) kamu udah tau kan, didalam Alquran banyak menyatakan bahwa selalu saja yang akan selamat itu adalah orang-orang yang menggunakan akal pikiran, bagi orang-orang yang berpikir dan memahami, dan bagi orang-orang yang mengambil hikmahnya. Dan Nabi S.a.w pun pernah bersabda bahwa ga ada agama bagi orang yang tidak punya akal. Jadi stop, jangan mengatakan bahwa filsafat itu sesat, karena kamu menganggap orang yang 100% pake otaknya itu sesat. Justru kamu yang sesat, mana ada orang yang bisa seratus persen make otaknya. Kalo emang bisa gitu, mungkin itu bukan manusia tapi malaikat. Trus jika kamu tau ilmu psikologi, kamu makin jadi orang bijak. Kamu bakalan tau bagaimana cara ngadepin orang pemarah, orang keras kepala. Karena kamu tau cara untuk meredamkan orang itu. Kamu tau cara agar tidak menyakiti perasaan orang karena kamu mengetahui tekniknya melalu ilmu psikologi.   Balik lagi pengalamanku, jangan kamu pikir hobi nulisku ga ada manfaatnya, karena Cuma bisa buat nulis doank di blog. Jangan salah bung, aku punya tujuan lain. Aku berambisi pengin jadi penulis skenario, jadi ini sebenernya buat batu loncatan. Semakin sering aku nulis, semakin aku tau mana letak kesalahan yang nantinya aku bisa aku perbaiki.   Trus aku bikin semua postingan di blogku ini tujuannya juga buat cari pahala. Kamu tau kan, salah satu dari tiga amalan yang ga akan terputus walau orangnya udah meninggal yaitu ilmu yang bermanfaat. Nah seandainya jika kamu udah baca seluruh postinganku lalu kamu dapet informasi, trus kamu ngasih tau ama temenmu tentang informasi itu, kemudian seterusnya. Tau kan maksudku?   Tambahan, jika kamu bertanya apa manfaatnya dari nyamuk? Maka pertanyaan yang maksudnya sama tetapi bukan tentang nyamuk pernah dipertanyakan oleh malaikat.   Malaikat pernah bertanya kepada Allah s.w.t tentang mengapa diciptakannya manusia. Karena menurut malaikat, manusia tidak bermanfaat dan hanya akan mengundang kerusakan di bumi. Tetapi Allah s.w.t menjawab bahwa dia-Lah yang mengetahui segala sesuatu yang tidak diketahui oleh malaikat.   Akan saya jabarkan nanti dipostingan selanjutnya, Insya Allah.

Kamu udah tahu kan? Apa yang telah kamu lakukan di masa lampaumu akan mempengaruhi segala sesuatu ke masa sekarang. Dan apa yang sedang kamu lakukan sekarang juga akan mempengaruhi masa depanmu.

Apapun yang telah kamu pelajari dimasa kecil dahulu, ga bakalan deh mubazir. Karena segala sesuatu itu ga ada yang kebetulan. Kalo emang kita dapet itu, dapet ini, ya karena emang udah ditakdirkan begitu.

Jadi, jangan bilang kalo segala yang telah kamu lakukan dimasa lampau ga akan berguna. Aku jelasin sekali lagi, pasti akan berguna. Ga ada sesuatu apapun yang ga berguna yang telah diciptakan oleh Allah s.w.t. semuanya pasti berguna. Begitu juga apa yang telah kamu pelajari ataupun yang kamu alami. Karena sebenernya jika kamu mengalami sesuatu itu sebagai bekal nantinya dimasa sekarang maupun dimasa depan. Yakin dan percayalah.

Misalkan, kamu udah belajar diwaktu kamu sekolah dulu. Kamu diajarkan tentang mengapa jika tangan atau kulit kita terkena bensin, kulit kamu akan terasa dingin dan bensinpun akan menguap lalu hilang. Itu semua dikarenakan bensin bisa mengguap dari cair menjadi gas itu butuh kalor / panas. Kulit atau daging kamu kan ada sumber kalornya/sumber panas, jadi itu akan diserap oleh bensin, sehingga kulit kamu yang terkena bensin akan terasa dingin karena kalornya hilang. Kalo dipikir-pikir setelah lulus sekolah, pasti kamu akan bilang ini sesuatu yang ga penting. Sesuatu yang ga berguna, sesuatu informasi yang ga bermanfaat, katamu. Jika saja kamu memahaminya dan mengambil hikmahnya, nanti bakalan kamu mengerti bahwa semuanya itu ga ada yang mubazir. Kamu tau, sistem yang ada di lemari es / kulkas dan pendingin ruangan/AC itu juga memakai sistem sama seperti terjadinya bensin menguap. (ga akan kujelasin detilnya). Nah kalo tau sistem itu kan, jika seandainya ada yang nanya ama kamu, bakalan bisa dijawab. Kamu akan terlihat orang pintar. Seandainya kamu ga tau apa-apa, kamu akan terlihat apa? Apalagi misalnya kamu punya adik atau nanti punya anak, pasti bakalan kamu harus mengajarkan kepada mereka. karena itu tanggung jawabmu. Kamu akan dianggap sebagai orangtua yang ilmu pengetahuannya luas. Atau bisa jadi suatu saat kamu jadi seorang penulis blogger, kamu bisa ngasih tau informasi beginian (wkwk).

Pokoknya, jika ada sesuatu informasi atau apapun yang menghampiri kamu, maka niatkan bahwa suatu saat bakalan berguna. Jika kamu ditakdirkan untuk menguasai suatu bidang tertentu, nanti bakalan deh bidang yang ketahui itu akan digunakan dimasa sekarang maupun dimasa depanmu. Jadi bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, jangan malas deh jika ada pelajaran yang kamu anggap ga penting, ga guna. Pasti bakalan dipake, karena sesuatu itu ga ada yang kebetulan. Jika kamu ditakdirkan harus mempelajari itu maka emang itu untuk bekalmu untuk dikemudian hari.

Apalagi bagi kamu yang punya cita-cita. Misalkan sejak kecil, kamu udah pinter memaenkan orang-orangan atau figuran (itu loh maenan orang-orang mini). Kamu seakan-akan membayangkan sesuatu cerita selayaknya dalang pewayangan dan itu rutin kamu lakukan dan ga pernah bosen, maka percaya deh itu bukan kebetulan. Itu semua adalah bekalmu untuk masa depanmu, karena mungkin aja kamu jadi sutradara baik teater maupun film. Itu juga berlaku bagi bakat minat lain, jika kamu suka maen dokter-dokteran diwaktu kecilmu dan konsisten menyukai itu sampai sekarang. Pasti deh itu semua bukan kebetulan.

Walaupun kamu akan diremehkan karena kamu ga mungkin menjadi seperti yang kamu inginkan, yakin aja deh selama yang kamu inginkan kamu dipelajari sejak dahulu. Pasti itu bekalmu untuk masa depanmu. Apa yang telah kamu pelajari ga bakalan mubazir.

Pengalaman

Dari dulu aku emang hobi banget nulis ama ngebaca buku. Tulisanku lebih dominan tentang cerita-cerita nyata atau khayalan gitu. Trus buku favoritku juga tentang cerita-cerita, legenda, ilmu pengetahuan serta informasi.

Sekarang ada manfaatnya, liat seluruh postinganku deh. Kamu dapet informasi yang mungkin aja baru kamu ketahui atau kamu sudah tahu tapi lupa namun inget lagi abis baca postinganku.

Itu semua berkat dari dulu aku suka banget nulis ama baca buku pengetahuan dan sampai sekarangpun masih. Sekarang lebih berat lagi bacaannya, wkwk. Aku rekomendasiin baca deh buku tentang agama Islam, Filsafat/Filosofi Islam, dan Psikologi. Kamu akan mengambil manfaatnya banyak banget.

Buku Islam makin kamu mengenal agamamu. Ilmu filsafat makin kamu pinter menggunakan akal pikiran serta logikamu. (jangan anggap filsafat itu sesat. Itu tergantung filsafat yang mana dulu nih, kalo kamu baca filsafat agama lain ya jelas sesat.) kamu udah tau kan, didalam Alquran banyak menyatakan bahwa selalu saja yang akan selamat itu adalah orang-orang yang menggunakan akal pikiran, bagi orang-orang yang berpikir dan memahami, dan bagi orang-orang yang mengambil hikmahnya. Dan Nabi S.a.w pun pernah bersabda bahwa ga ada agama bagi orang yang tidak punya akal. Jadi stop, jangan mengatakan bahwa filsafat itu sesat, karena kamu menganggap orang yang 100% pake otaknya itu sesat. Justru kamu yang sesat, mana ada orang yang bisa seratus persen make otaknya. Kalo emang bisa gitu, mungkin itu bukan manusia tapi malaikat. Trus jika kamu tau ilmu psikologi, kamu makin jadi orang bijak. Kamu bakalan tau bagaimana cara ngadepin orang pemarah, orang keras kepala. Karena kamu tau cara untuk meredamkan orang itu. Kamu tau cara agar tidak menyakiti perasaan orang karena kamu mengetahui tekniknya melalu ilmu psikologi.

Balik lagi pengalamanku, jangan kamu pikir hobi nulisku ga ada manfaatnya, karena Cuma bisa buat nulis doank di blog. Jangan salah bung, aku punya tujuan lain. Aku berambisi pengin jadi penulis skenario, jadi ini sebenernya buat batu loncatan. Semakin sering aku nulis, semakin aku tau mana letak kesalahan yang nantinya aku bisa aku perbaiki.

Trus aku bikin semua postingan di blogku ini tujuannya juga buat cari pahala. Kamu tau kan, salah satu dari tiga amalan yang ga akan terputus walau orangnya udah meninggal yaitu ilmu yang bermanfaat. Nah seandainya jika kamu udah baca seluruh postinganku lalu kamu dapet informasi, trus kamu ngasih tau ama temenmu tentang informasi itu, kemudian seterusnya. Tau kan maksudku?

Tambahan, jika kamu bertanya apa manfaatnya dari nyamuk? Maka pertanyaan yang maksudnya sama tetapi bukan tentang nyamuk pernah dipertanyakan oleh malaikat.

Malaikat pernah bertanya kepada Allah s.w.t tentang mengapa diciptakannya manusia. Karena menurut malaikat, manusia tidak bermanfaat dan hanya akan mengundang kerusakan di bumi. Tetapi Allah s.w.t menjawab bahwa dia-Lah yang mengetahui segala sesuatu yang tidak diketahui oleh malaikat.

Akan saya jabarkan nanti dipostingan selanjutnya, Insya Allah.

0 Response to "Masa Lalu itu Masa Depanmu! (Kok Bisa? Maksudnya?)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel