Contoh Treatment Naskah Skenario Film Pendek (Buatan Pribadi)

Kali ini saya akan membagikan contoh treatment skenario buatan saya sendiri. Bagi kamu yang membutuhkan referensi untuk membuat treatment, silahkan baca.

Untuk penulisan skenario standar, saya menggunakan font COURIER New dan ukuran font 12. Dan saya ketik memakan 4 halaman A4/Letter.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan Contoh Skenario Lengkap, kunjungi www.skenario.id



TREATMENT


Oleh Jeffri Ardiyanto


1. INT.KELAS KAMPUS – SIANG
Cast : Andi, Bu Vina, Etxras mahasiswa

Andi mempresentasikan ide cerita di depan kelas dan Dosen Vina menyimaknya. Setelah itu Dosen Vina mengkritik dan memberi saran supaya Andi memperbaiki naskahnya lagi. Dan sekaligus memberi tantangan, seandainya Andi berhasil membuat naskah bagus, maka Dosen Vina akan memberi nilai bagus pula.

Andi juga mendapat kabar bahwa ada acara TKMT (temu karya mahasiswa tv/film) diadakan bulan depan dan sedang membutuhkan volunteer (anggota panitia). Kemudian dia bersama temannya berniat mendaftar.

CUT TO

2. INT. RUANG STUDIO GEDUNG 4 KAMPUS – SORE
Cast : Andi, Teman, beberapa pengurus TKMT, extras mahasiswa

Terjadi padamnya listrik membuat ruang studio gelap tapi acara rapat dilanjut. Ketua TKMT memberikan pengarahan dan menyuruh mahasiswa yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara. Lalu dia menyuruh yang ikut, menuliskan nomer WA di lembar kertas dari panitia.

FADE OUT
FADE IN

3. INT. KAMAR KOS ANDI – MALAM
Cast : Andi

Andi mendapat undangan masuk ke grup WA TKMT. Sebuah pesan dari Deswita memberi kabar kalo masih dibutuhkan volunteer sponsorship. Andi mengajukan diri dan akhirnya dia ikut bergabung di divisi tersebut.

Andi mengingat kalo besok malam tahun baru, lalu dia memberanikan diri untuk mengajak Deswita jalan-jalan di jalan slamet riyadi solo. Deswita mengiyakan.

FADE OUT
FADE IN




4. EXT. DEPAN KOS DESWITA – MALAM
Cast : Andi dan Deswita

Andi memarkirkan motornya menunggu deswita keluar. Yang ditunggu keluar, Deswita tampil cantik membuat Andi gagal focus. Kemudian Andi dan Deswita meluncur pergi menggunakan motor.

DISSOLVE

5. EXT. JALAN SLAMET RIYADI – MALAM
Cast : Andi, Deswita, extras

Andi dan Deswita berjalan bersama menelusuri jalan slamet riyadi. Andi banyak bertanya mengenai cara membuat proposal sponsor, lalu Deswita memberitahu kalo besok sore divisi sponsorship akan melakukan rapat pertemuan, dan Andi akan diajari caranya disana.

Singkatnya, mereka sampai di tempat pembakaran kembang api. Mereka duduk di tengah jalan bersama pengunjung lain. Andi juga banyak bertanya seputar cara membuat skenario yang bagus. Deswita mengajarinya dengan menggunakan orang-orang yang sedang pacaran disekitar mereka sebagai media sample pembelajaran.

FADE OUT
FADE IN

6. EXT. TAMAN JOMBLO KAMPUS – SORE
Cast : Andi,Deswita, 3 Volunter divisi sponsorship

Andi diajari membuat proposal oleh coordinator dan Deswita sibuk dengan lembaran-lembaran berlogo TKMT. Setelah selesai, semuanya meninggalkan tempat dan hanya menyisahkan Andi dan Deswita yang duduk saling berhadapan.

Andi mengungkapkan keinginannya membuat film dari naskah yang telah dibuatnya. Dan membujuk Deswita menjadi produsernya. Deswita menyetujuinya. Dan mereka melakukan perjanjian dengan menggunakan jari kelingking masing-masing dikaitkan.

FADE OUT
FADE IN

7. INT. LOBBY GEDUNG 3 KAMPUS - PAGI
Cast : Andi, Dosen Vina, Extras mahasiswa

Andi menyerahkan naskah yang telah dibuatnya kepada dosen Vina ketika berpapasan. Setelah itu Andi juga berpapasan dengan Deswita dan mengajak Deswita untuk mensurvey lokasi syuting di TawangMangu.
DISSOLVE

8. EXT. JALANAN TAWANGMANGU – SIANG
Cast : Andi, Deswita, Extras

Andi menghentikan motornya di pinggir jalan dekat pemandangan alam. Dia merasa kalo di tempat berhentinya cocok untuk lokasi film. Kemudian meminta pendapat Deswita. Lalu Deswita memberi saran serta masukan apa saja yang harus dipersiapkan dan diperlukan.

FADE OUT
BEBERAPA HARI KEMUDIAN
FADE IN


9. MONTAGES

INT. KAMAR KOS ANDI – MALAM
Cast : Andi

Andi mencoba mengirim chat ke Deswita, tapi hanya diread dan tak dibales. Dia merasa heran serta kesal.

DISSOLVE

INT. LOBBY KAMPUS – PAGI
Cast : Andi, Deswita, Extras

Andi berpapasan dengan Deswita. Andi berusaha mengajak ngobrol, tapi Deswita menolak dengan alasan sibuk lalu pergi meninggalkan Andi.
DISSOLVE

EXT. TAMAN JOMBLO – SORE
Cast : Andi

Andi mencoba menelpon Deswita, tidak diangkat malah dimatikan.
FADE OUT
FADE IN




10. EXT. TEMPAT PARKIR KAMPUS - PAGI
Cast : Andi, Deswita

Andi dan Deswita kebetulan bertemu ketika sedang memarkirkan motor masing-masing. Lalu Andi meminta penjelasan kenapa Deswita seakan-akan menjauhinya dan tidak mau memikirkan projek filmnya.

Akhirnya Deswita mengungkapkan alasannya. Dia menganggap kalo Andi telah dan sedang memanfaatkannya. Dia berpikir Andi lebih memikirkan projek film ketimbang memikirkan dirinya. Bahkan Dia menyesalkan, karena Andi sama sekali tidak peduli atas tanggung jawabnya sebagai volunteer sponsorship.

Deswita meninggalkan Andi, lalu Andi terduduk lemas tak berdaya.

FADE OUT
SATU BULAN KEMUDIAN
FADE IN

11. INT. DALAM GEDUNG TEATER BESAR KAMPUS – SIANG
Cast : Deswita, Panitia TKMT, Andi, Dosen Vina dan Extras mahasiswa

Acara TKMT berlangsung ramai di gedung teater besar. Banyak pengunjung yang datang. Deswita lalu rektor isi memberi kata-kata sambutannya.

Tiba waktunya sesi pemutaran film terbaik pilihan Dosen Vina Diputarnya film milik Andi, hingga membuat Deswita terkejut. Deswita tak menyangka film milik Andi diputar di acaranya tanpa sepengetahuannya. Ternyata Dosen Vina memiliki hak eksklusif untuk mengajukan film pilihannya karena dia termasuk penggagas terbentuknya acara TKMT.
Ketika masuk sesi tanya jawab bersama Andi selaku sutradara, Andi menyuruh Deswita berdiri disampingnya di atas panggung. Deswita mengucapkan kalimat terimakasih dan Andi mengira bahwa Deswita telah memaafkannya.
CUT TO
12. INT. LORONG BELAKANG TEATER – SIANG
Cast : Deswita, Andi

Setelah itu Deswita masuk ke belakang panggung diikuti pula oleh Andi. Lalu Andi mengajak balikan hubungan mereka, namun Deswita menolaknya kemudian menyuruh Andi pergi dari kehidupannya. Andi hanya pasrah dengan kenyataan itu. Dia berhasil mencapai target goalsnya tapi dia malah kehilangan cintanya.
THE END

-----------------------------------------------------------


Demikian artikel Contoh Naskah Skenario Drama Pengorbanan Cinta , semoga bermanfaat untuk kamu.

Oiya, jika kamu masih bingung, silahkan berkomentar di kolom komentar, saya siap menjawab dan membantu. Dan Kamu bisa juga mengkoreksi, jika saya melakukan kesalahan dalam artikel ini.

Boleh kamu download Contoh Naskah Skenario Drama Pengorbanan Cinta , asalkan kamu sertakan sumber link ini.


Dan boleh kamu pergunakan skenario film ini untuk dibuatkan film, asalkan sertakan nama saya sebagai penulis skenario film nya. Terima Kasih.


Bagi kamu yang ingin mendapatkan Contoh Skenario Lengkap, kunjungi www.skenario.id

1 Response to "Contoh Treatment Naskah Skenario Film Pendek (Buatan Pribadi)"

  1. kak izin mau mencontoh treatment nya, untuk tugas sekolah, tetapi tidak untuk di film kan, cuma treatment nya aja, terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel