Cara membuat 3D KARAKTER dalam tokoh cerita

Setiap tokoh dalam cerita pasti memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Maka dari itu akan terciptalah sebuah cerita yang menarik. Tidak mungkin karakter Protagonis dan Antagonis memiliki latar belakang yang sama. Pasti kedua tokoh itu memiliki pengaruh-pengaruh berbeda dari lingkungannya.  Ada 3D Karakter yang harus ada dalam seorang tokoh yang akan kamu tulis di dalam ceritamu. Apa sajakah itu?  FISIOLOGI  Sebuah penggambaran dari tokoh secara fisik dan asesorisnya.  Misalnya tokoh bernama Wulan : 23 tahun, cantik imut, tinggi, langsing, beramput panjang hitam agak pirang ujungnya. Sering memakai pakaian modis ala kekinian, suka memakai lipstick warna merah, berkacamata, memakai jam tangan, dan suka memakai tas kecil berwarna pink.  PSIKOLOGI  Yaitu penggambaran dari tokoh secara mental kejiwaan.  Misalnya tokoh si Wulan : termasuk cewek yang mudah baper (bawa perasaan) ketika bertemu cowok yang pandai menulis. Dulu dia berobsesi ingin menjadi penulis sastra ataupun novel. Sempat beberapa kali memenangkan berbagai perlombaan karya tulis, tapi dia merasa masih kurang. Maka dari itu, dia akan sangat gampang jatuh cinta kepada cowok yang memang suka serta pandai menulis. Dia juga termasuk cewek yang memiliki hati yang gampang rapuh, mudah sakit hati. Dia tidak akan memaafkan seseorang yang sudah memanfaatkannya serta menghancurkan hatinya. Karena dia memiliki ibu yang selalu disakiti oleh ayahnya sendiri bahkan ayahnya suka memukuli ibunya. Alhasil dia tidak ingin memiliki nasib yang sama seperti ibunya. Dan dia memiliki jiwa pemberani, apapun yang dia emban, dia akan bertanggung jawab penuh. Karena obsesinya juga ingin menjadi wanita karir.  SOSIOLOGI  Yaitu penggambaran mengenai kehidupan sosial dari tokoh.  Misalnya Wulan : cewek yang mudah bergaul, ramah, baik hati, tidak sombong. Bahkan dia bisa terlihat humble kepada orang lain yang padahal dia belum mengenal sebelumnya. Bagi dia, pertemanan yang luas bisa membuatnya banyak koneksi dan link. Sifatnya yang suka tantangan dan ingin lebih dikenal oleh banyak orang, maka dia lebih banyak terjun di kegiatan organisasi kampus. Entah apapun itu, berbagai kegiatan organisasi yang menyangkut seputar film di kampusnya, dia bakal mendaftarkan diri sebagai panitia, bahkan menjadi ketua sekalipun, dia akan bersedia. Dia amat terkenal di kalangan teman-temannya sebagai orang yang setia akan tanggung jawabnya. Jadi dia sangat dipercaya untuk mengemban tugas sekalipun itu sangat membebaninya.  Jadi ketika kamu sudah membuat 3D karakter dalam satu tokoh, maka kamu akan memiliki pedoman atau pegangan, mau dibawa kemana dan harus bagaimana seorang tokoh menghadapi masalah atau konflik.  Misal dalam cerita terjadi hujan lebat, dan tokoh Wulan kehujanan ketika sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dari kampus. Maka, masukanlah adegan dimana jam tangan dari Wulan rusak karena air hujan. Sebab dalam 3D Karakter khususnya bagian FISIOLOGI, dia menyukai jam tangan.

Setiap tokoh dalam cerita pasti memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Maka dari itu akan terciptalah sebuah cerita yang menarik. Tidak mungkin karakter Protagonis dan Antagonis memiliki latar belakang yang sama. Pasti kedua tokoh itu memiliki pengaruh-pengaruh berbeda dari lingkungannya.

Ada 3D Karakter yang harus ada dalam seorang tokoh yang akan kamu tulis di dalam ceritamu. Apa sajakah itu?

FISIOLOGI

Sebuah penggambaran dari tokoh secara fisik dan asesorisnya.

Misalnya tokoh bernama Wulan : 23 tahun, cantik imut, tinggi, langsing, beramput panjang hitam agak pirang ujungnya. Sering memakai pakaian modis ala kekinian, suka memakai lipstick warna merah, berkacamata, memakai jam tangan, dan suka memakai tas kecil berwarna pink.

PSIKOLOGI

Yaitu penggambaran dari tokoh secara mental kejiwaan.

Misalnya tokoh si Wulan : termasuk cewek yang mudah baper (bawa perasaan) ketika bertemu cowok yang pandai menulis. Dulu dia berobsesi ingin menjadi penulis sastra ataupun novel. Sempat beberapa kali memenangkan berbagai perlombaan karya tulis, tapi dia merasa masih kurang. Maka dari itu, dia akan sangat gampang jatuh cinta kepada cowok yang memang suka serta pandai menulis. Dia juga termasuk cewek yang memiliki hati yang gampang rapuh, mudah sakit hati. Dia tidak akan memaafkan seseorang yang sudah memanfaatkannya serta menghancurkan hatinya. Karena dia memiliki ibu yang selalu disakiti oleh ayahnya sendiri bahkan ayahnya suka memukuli ibunya. Alhasil dia tidak ingin memiliki nasib yang sama seperti ibunya. Dan dia memiliki jiwa pemberani, apapun yang dia emban, dia akan bertanggung jawab penuh. Karena obsesinya juga ingin menjadi wanita karir.

SOSIOLOGI

Yaitu penggambaran mengenai kehidupan sosial dari tokoh.

Misalnya Wulan : cewek yang mudah bergaul, ramah, baik hati, tidak sombong. Bahkan dia bisa terlihat humble kepada orang lain yang padahal dia belum mengenal sebelumnya. Bagi dia, pertemanan yang luas bisa membuatnya banyak koneksi dan link. Sifatnya yang suka tantangan dan ingin lebih dikenal oleh banyak orang, maka dia lebih banyak terjun di kegiatan organisasi kampus. Entah apapun itu, berbagai kegiatan organisasi yang menyangkut seputar film di kampusnya, dia bakal mendaftarkan diri sebagai panitia, bahkan menjadi ketua sekalipun, dia akan bersedia. Dia amat terkenal di kalangan teman-temannya sebagai orang yang setia akan tanggung jawabnya. Jadi dia sangat dipercaya untuk mengemban tugas sekalipun itu sangat membebaninya.

Jadi ketika kamu sudah membuat 3D karakter dalam satu tokoh, maka kamu akan memiliki pedoman atau pegangan, mau dibawa kemana dan harus bagaimana seorang tokoh menghadapi masalah atau konflik.

Misal dalam cerita terjadi hujan lebat, dan tokoh Wulan kehujanan ketika sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dari kampus. Maka, masukanlah adegan dimana jam tangan dari Wulan rusak karena air hujan. Sebab dalam 3D Karakter khususnya bagian FISIOLOGI, dia menyukai jam tangan.

0 Response to "Cara membuat 3D KARAKTER dalam tokoh cerita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel