Berapa sih Honor Penulis Skenario FTV, Sinetron, dan Film Bioskop?

Kita selalu bertanya-bertanya, berapa sih bayaran untuk penulis skenario? apakah ratusan ribu atau jutaan?. Apakah menjadi penulis skenario prospeknya menjanjikan? Apakah bisa dijadikan pekerjaan utama sehingga menjadi penghasilan utama?.  Nah pertanyaan-pertanyaan seperti diatas pasti kamu sering terlintas terpikirkan, ya engga?. Jika memang benar, kamu tak salah membuka postingan ini. Yah, kamu beruntung bisa menemukan postingan ini, Karena kamu akan menemukan jawabannya. Dan sebagai penyemangat supaya kamu terus-menerus mengasah bakat penulisanmu dan menjadi penulis naskah profesional.  Ada empat jenis penulis di dunia penulisan skenario. Dan setiap jenis penulis itu pun berbeda-beda dalam mendapatkan nominal honornya. Mau tau apa sajakah itu? So, lanjutkan membaca ya, kawan.  1. Penulis Baru  Ini adalah jenis penulis yang benar-benar baru masuk di dunia penulisan skenario. Dapat dipastikan belum memiliki pengalaman. Dan juga sebagai awal untuk batu loncatan menjadi lebih profesional.  Nah untuk honor penulis baru, berkisar antara Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 untuk setiap satu episode (durasi 1 jam).  2. Penulis Pemula  Untuk jenis penulis ini sudah cukup punya pengalaman selama 3-5 tahun di dunia penulisan skenario. Karya skenarionya sudah pernah diproduksi dan nama nya ada didaftar penulis skenario. Hanya saja karyanya belum sebanyak penulis profesional. Honornya sekitar Rp. 1.000.000 sampai Rp. 3.000.000 per satu episode (durasi 1 jam).  3. Penulis Madya  Penulis ini sudah cukup banyak karyanya yang diproduksi lalu ditayangkan di televisi. Jam terbangnya bahkan sekitar 5-10 tahunan. Honornya diperkirakan Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000.  4. Penulis Senior  Kalau yang satu ini sudah jelas nama nya sangat terkenal sebagai penulis profesional. Jam terbangnya juga sangat banyak, minimal saja 10 tahunan. Penulis ini mampu menegoisasikan karyanya, hingga bisa melambungkan honornya. Jika tingkat kesulitan dan deadline nya sangat ketat, maka dapat dipastikan, bayarannya pun selangit. Perkiraan honornya minimal saja Rp. 7.000.000.  Sebuah perkiraan itu hanyalah patokan kasar. Tidak semua PH (Production House) akan membayar sama persis seperti patokan diatas. Bisa jadi lebih kecil atau bisa jadi lebih besar. Dan kemampuan serta pengalaman penulis juga dapat mempengaruhi honornya.  Bagi kamu yang sedang menuju proses, let's go! semangat, jangan pantang menyerah. Percayalah, kamu pun bisa menjadi penulis skenario profesional dengan bayaran selangit!
Kita selalu bertanya-bertanya, berapa sih bayaran untuk penulis skenario? apakah ratusan ribu atau jutaan?. Apakah menjadi penulis skenario prospeknya menjanjikan? Apakah bisa dijadikan pekerjaan utama sehingga menjadi penghasilan utama?.

Nah pertanyaan-pertanyaan seperti diatas pasti kamu sering terlintas terpikirkan, ya engga?. Jika memang benar, kamu tak salah membuka postingan ini. Yah, kamu beruntung bisa menemukan postingan ini, Karena kamu akan menemukan jawabannya. Dan sebagai penyemangat supaya kamu terus-menerus mengasah bakat penulisanmu dan menjadi penulis naskah profesional.

Ada empat jenis penulis di dunia penulisan skenario. Dan setiap jenis penulis itu pun berbeda-beda dalam mendapatkan nominal honornya. Mau tau apa sajakah itu? So, lanjutkan membaca ya, kawan.

1. Penulis Baru

Ini adalah jenis penulis yang benar-benar baru masuk di dunia penulisan skenario. Dapat dipastikan belum memiliki pengalaman. Dan juga sebagai awal untuk batu loncatan menjadi lebih profesional.

Nah untuk honor penulis baru, berkisar antara Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 untuk setiap satu episode (durasi 1 jam).

2. Penulis Pemula

Untuk jenis penulis ini sudah cukup punya pengalaman selama 3-5 tahun di dunia penulisan skenario. Karya skenarionya sudah pernah diproduksi dan nama nya ada didaftar penulis skenario. Hanya saja karyanya belum sebanyak penulis profesional. Honornya sekitar Rp. 1.000.000 sampai Rp. 3.000.000 per satu episode (durasi 1 jam).

3. Penulis Madya

Penulis ini sudah cukup banyak karyanya yang diproduksi lalu ditayangkan di televisi. Jam terbangnya bahkan sekitar 5-10 tahunan. Honornya diperkirakan Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000.

4. Penulis Senior

Kalau yang satu ini sudah jelas nama nya sangat terkenal sebagai penulis profesional. Jam terbangnya juga sangat banyak, minimal saja 10 tahunan. Penulis ini mampu menegoisasikan karyanya, hingga bisa melambungkan honornya. Jika tingkat kesulitan dan deadline nya sangat ketat, maka dapat dipastikan, bayarannya pun selangit. Perkiraan honornya minimal saja Rp. 7.000.000.

Sebuah perkiraan itu hanyalah patokan kasar. Tidak semua PH (Production House) akan membayar sama persis seperti patokan diatas. Bisa jadi lebih kecil atau bisa jadi lebih besar. Dan kemampuan serta pengalaman penulis juga dapat mempengaruhi honornya.

Bagi kamu yang sedang menuju proses, let's go! semangat, jangan pantang menyerah. Percayalah, kamu pun bisa menjadi penulis skenario profesional dengan bayaran selangit!

tags : gaji penulis skenario film di indonesia

2 Responses to "Berapa sih Honor Penulis Skenario FTV, Sinetron, dan Film Bioskop?"

  1. Terima kasih informasinya!Mau coba ini. Semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semangat, moga bisa jadi penulis naskah terbaik.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel