Apa itu Premis Cerita (Detail)

Ketika kamu akan menulis sebuah Skenario ataupun Novel, pasti kamu harus membuat premis. Karena dengan menulis premis dahulu, maka kamu akan mudah membuat cerita.  Nah pertanyaannya adalah arti atau makna dari premis itu apa ya? Kalau kamu sedang mencari apa yang dimaksud dengan premis cerita, maka silahkan lanjutkan membaca.  Premis itu berasal dari dua bahasa latin, yaitu Put Before yang artinya Tempatkan sebelumnya. Secara umum, Premis itu adalah sebuah inti cerita atau ide cerita atau dasar dari keseluruhan cerita. Sehingga membuat kamu membuat cerita dengan jelas plot atau alurnya tanpa melebar-lebar kemana-mana. Menurut James N. Frey (Seorang Penulis Amerika), "Tentang apa yang terjadi pada karakter sebagai akibat dari tindakan sebuah cerita.  Sampai saat ini, ada dua pendapat berbeda dari beberapa hasil pengamatan saya mengenai arti premis.  Pendapat pertama menyatakan bahwa Premis itu harus singkat padat dalam satu kalimat dan berbunyi seperti ungkapan atau puitis. Contohnya Kejujuran akan mendatangkan kebaikan atau Sifat egois bisa membuat persahabatan bahkan cinta jadi tragis.  Pendapat kedua menyatakan kalau premis itu harus menjelaskan inti permasalahan, jelas siapa karakternya, dan bagaimana solusi mengakhiri konfilik atau masalah. Dan jangan berubah ungkapan atau puitis. Contoh Seorang mahasiswa cowok dan cewek yang ingin membuat film bersama. Selama proses praproduksi mereka terlibat asmara. Namun ditengah perjalanan, gara-gara keegoisan masing-masing mereka akhirnya putus cinta dan saling membenci lalu berujung berhentinya projek film bersama. Pada akhirnya, cowok tersebut berhasil membuat film, tetapi dia tetap gagal mendapatkan kembali cintanya.  Saya terkadang kebingungan mana yang benar mana yang tidak. Pendapat pertama saya dapatkan dari beberapa novelis mancanegara bahkan dosen penulisan saya sendiri. Dan pendapat kedua saya dapatkan dari beberapa novelis Indonesia dan beberapa buku tentang membuat novel atau fiksi.  Kesimpulannya, apapun pemahaan mengenai Premis. Pokoknya Premis itu inti cerita yang menentukan arah ceritamu dan menjelaskan tujuan isi cerita. Supaya kamu dalam menulis cerita tidak asal-asalan. Supaya tidak berkeliaran atau keluar jalur plot atau alur dari awal kamu rancang.
Ketika kamu akan menulis sebuah Skenario ataupun Novel, pasti kamu harus membuat premis. Karena dengan menulis premis dahulu, maka kamu akan mudah membuat cerita.

Nah pertanyaannya adalah arti atau makna dari premis itu apa ya? Kalau kamu sedang mencari apa yang dimaksud dengan premis cerita, maka silahkan lanjutkan membaca.

Premis itu berasal dari dua bahasa latin, yaitu Put Before yang artinya Tempatkan sebelumnya. Secara umum, Premis itu adalah sebuah inti cerita atau ide cerita atau dasar dari keseluruhan cerita. Sehingga membuat kamu membuat cerita dengan jelas plot atau alurnya tanpa melebar-lebar kemana-mana. Menurut James N. Frey (Seorang Penulis Amerika), "Tentang apa yang terjadi pada karakter sebagai akibat dari tindakan sebuah cerita.

Sampai saat ini, ada dua pendapat berbeda dari beberapa hasil pengamatan saya mengenai arti premis.

Pendapat pertama menyatakan bahwa Premis itu harus singkat padat dalam satu kalimat dan berbunyi seperti ungkapan atau puitis. Contohnya Kejujuran akan mendatangkan kebaikan atau Sifat egois bisa membuat persahabatan bahkan cinta jadi tragis.

Pendapat kedua menyatakan kalau premis itu harus menjelaskan inti permasalahan, jelas siapa karakternya, dan bagaimana solusi mengakhiri konfilik atau masalah. Dan jangan berubah ungkapan atau puitis. Contoh Seorang mahasiswa cowok dan cewek yang ingin membuat film bersama. Selama proses praproduksi mereka terlibat asmara. Namun ditengah perjalanan, gara-gara keegoisan masing-masing mereka akhirnya putus cinta dan saling membenci lalu berujung berhentinya projek film bersama. Pada akhirnya, cowok tersebut berhasil membuat film, tetapi dia tetap gagal mendapatkan kembali cintanya.

Saya terkadang kebingungan mana yang benar mana yang tidak. Pendapat pertama saya dapatkan dari beberapa novelis mancanegara bahkan dosen penulisan saya sendiri. Dan pendapat kedua saya dapatkan dari beberapa novelis Indonesia dan beberapa buku tentang membuat novel atau fiksi.

Kesimpulannya, apapun pemahaan mengenai Premis. Pokoknya Premis itu inti cerita yang menentukan arah ceritamu dan menjelaskan tujuan isi cerita. Supaya kamu dalam menulis cerita tidak asal-asalan. Supaya tidak berkeliaran atau keluar jalur plot atau alur dari awal kamu rancang.

0 Response to "Apa itu Premis Cerita (Detail)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel