9 Cara Mempercepat Proses Startup / Booting Windows (7/8/10)

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows

Apakah proses Startup Windows Anda sekarang menjadi sedikit lebih lama dari biasanya? Ada berbagai faktor yang dapat membuat startup Windows menjadi lama, seperti banyaknya program yang otomatis berjalan saat startup, kurang sehatnya kondisi hardisk, dan lain-lain. Dan jika Anda ingin mempercepat proses startup Windows Anda, berikut akan saya bagikan cara terlengkap untuk melakukannya.

Mempercepat Proses Startup Windows: Defrag Hardisk

Dengan rutin melakukan defrag pada hardisk Anda, maka kesehatan hardisk Anda akan terjaga. Karena fungsi dari defrag ini sendiri adalah untuk menyusun kembali berbagai data yang terpecah, sehingga hardisk dapat bekerja lebih optimal.

Untuk melakukan defrag sangatlah mudah namun perlu waktu yang lumayan lama, caranya cukup dengan tekan tombol Windows kemudian ketikkan Disk Defragmenter dan tekan Enter. Setelah pilih Hardisk yang Anda defrag, lalu pilih Defragment disk

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Gunakan Service dan Startup Aplication Seperlunya

Dengan menggunakan Service dan startup aplication seperlunya, maka saat proses startup, Windows akan lebih ringan karena tidak perlu menjalankan atau membuka secara otomatis service dan aplikasi yang Anda miliki.
Dan untuk mematikan service dan startup aplication, cukup tekan tombol Windows+R kemudian ketikkan msconfig dan tekan Enter.
Pada tab Startup silahkan hilangkan centang untuk mematikan aplikasi dari proses Startup Aplication.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows

Pada tab Service, silahkan hilangkan centang untuk mematikan service yang tidak perlu. Anda juga dapat mematikan Service yang tidak perlu dengan menekan tombol Windows+R, ketikkan services.msc dan tekan Enter. Lalu rubah Startup type dari Automatic ke manual untuk mematikan service yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengetahui informasi dari service tersebut dengan melihatnya pada kolom Description.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Kurangi atau Hilangkan Gadget dan Shortcut Dekstop

Dengan mengurangi jumlah gadget dan shortcut, maka pemakaian resource menjadi lebih sedikit, karena dekstop tidak perlu melakukan load items secara berlebihan. Dan lebih baik lagi jika Anda menghilangkan atau menyembunyikan Gadget dan Shortcut di Dekstop Anda.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Gunakan Theme Basic atau Classic

Dengan menggunakan theme basic atau Classic memang dapat mempercepat kinerja Windows, namun tampilan yang diberikan menjadi kurang menarik. Namun jika Anda tetap ingin menggunakan tema tersebut, cukup Klik-kanan pada Dekstop Anda > Personalize. Setelah itu pilih tema Basic atau Clasic.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Gunakan Antivirus

Penyebab lain yang dapat memperlambat startup Windows adalah karena adanya virus, jadi rutinlah melakukan scan pada Windows Anda, dan jangan lupa untuk terus meng-update Antivirus yang Anda gunakan supaya Antivirus Anda dapat digunakan untuk membasmi virus-virus terbaru.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Gunakan Windows Feature Seperlunya

Penggunaan Windows Feature yang terlalu banyak dapat memakan resource yang banyak juga, dimana karena terlalu banyaknya resource yang digunakan itu dapat memperlambat kinerja Windows mapun Startup Windows. Jadi matikan Windows Feature yang tidak diperlukan, caranya tekan tombol Windows, ketikkan Turn Windows Features on or off dan tekan Enter.
Kemudian cukup hilangkan centang untuk mematikan Windows Feature yang menurut Anda tidak penting.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows 

Mempercepat Proses Startup Windows: Matikan Startup Sound

Dengan mematikan suara yang keluar saat Windows dinyalakan, maka beban stratup menjadi sedikit berkurang. Untuk mematikannya cukup buka Control Panel > All control panel items > Sound
Setelah itu buka tab Sound dan hilangkan centang pada Play Windows Startup sound.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows

Mempercepat Proses Startup Windows: Matikan Animasi pada Startup

Ada tiga animasi yang apabila Anda matikan akan sedikit mempercepat proses startup Windows Anda, cara mematikannya cukup tekan tombol Windows+R, ketikkan SystemPropertiesAdvanced dan tekan Enter. Tekan tombol Settings pada bagian Performance, setelah itu hilangkan centang pada opsi-opsi berikut.

Cara Terlengkap Mempercepat Proses Startup Windows

Mempercepat Proses Startup Windows: Gunakan Fitur ReadyBoost

Cara ini sangat berguna bagi Anda yang mempunyai RAM terbatas, karena dengan fitur ReadyBoost Anda dapat merubah penyimpanan media eksternal seperti flashidisk dan hardisk menadi memori tambahan pada Windows Anda. Dan karena memori tambahan tersebut, beban penggunaan RAM menjadi berkurang sehingga Windows dapat menjalankan startup secara cepat.

Demikian artikel tentang 9 Cara Mempercepat Proses Startup / Booting Windows (7/8/10), semiga bermanfaat.

Tags: cara mempercepat booting windows 7 booting windows 10 lama cara mempercepat booting windows 10 dengan msconfig cara mempercepat booting windows 10 dengan regedit cara mempercepat windows 10 asus booting windows 7 lama sekali fungsi turn on fast startup windows 10 booting windows 10 lama setelah update

0 Response to "9 Cara Mempercepat Proses Startup / Booting Windows (7/8/10)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel